Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa

Besi Tempa | Desain Railing Besi Tempa | Desain Pagar Klasik Besi Tempa | Gambar Railing Besi Tempa | Spesialis Railing Besi Tempa | Desain Teralis Besi Tempa | Gambar Teralis Besi Tempa | Spesialis Teralis Besi Tempa | Harga Besi Tempa Per Meter | Desain Pagar Besi Tempa | Desain Pagar Klasik Besi Tempa |  Gambar Pagar Besi Tempa | Spesialis Pagar Besi Tempa | Pintu Gerbang Besi Tempa







Perbedaan Desain Besi Tempa Pada Tangga Dalam dan Luar Ruangan 

Desain besi tempa beragam karena materialnya mudah dibentuk dan dikreasikan. Pemilik rumah bahkan bisa memesan bentuk tertentu dan dengan tukang yang ahli, pesanan tersebut bisa dibuatkan. Tapi secara umum desain besi tempa lebih condong bergaya klasik yang dipengaruhi dengan berbagai era yang memiliki simbol – simbol tertentu yang jadi inspirasi untuk besi yang ditempa dan dibentuk ini.




Inspirasi Desain Besi Tempa Untuk Tangga Interior dan Eksterior Rumah 

Walaupun tidak aturan khusus untuk desain dari bahan besi yang kemudian ditempa dan dijadikan dekorasi  untuk interior maupun eksterior. Ada beberapa pertimbangan yang menjadikan desain tertentu lebih umum untuk digunakan dalam rumah dan desain lain lebih populer untuk eksterior rumah. Berikut adalah beberapa desain besi tempa tangga yang bisa jadi inspirasi baik di dalam maupun luar rumah. 








1. Tangga Spiral dengan Detail Bunga 

Untuk memaksimalkan ruangan yang minim, penghuni rumah bisa memasangkan tangga bentuk spiral di dalam rumah, desain ini tidak lazim dipakai di luar ruangan. Tangga spiral dari besi tempa umumnya buka hanya diterapkan pada bagian railing saja, tapi pijakanya juga turut memakai material besi. 



Bentuk spiral besar yang dihiasi lilitan daun dan batang, mawar dan bunga lainnya menjadi pilihan gambar yang kerap dipakai pada railing. Rancangan spiral kerap memakai dekorasi dengan longgar dan tidak rumit agar tangga tidak terlalu ramai karena bentuknya yang tidak biasa. Hal ini juga dilakukan agar tidak terlalu sulit saat membersihkannya. 


2. Tangga Dengan Besi Tempa Tebal 

Tangga dan railingnya dapat dibuat sesuai dengan permintaan pembeli, salah satunya adalah ketebalan dari material besi. Untuk tangga yang dipasang depan rumah bisa memakai desain dengan besi yang lebih tebal. Karena penempatan di luar ruangan dan kepanasan serta mengalami perubahan cuaca lainnya, maka desain ini jadi paling cocok, 






Besi tempa tidak mudah untuk keropos dan bisa lebih tahan lama, walau berada di luar ruangan. Karena debu di eksterior lebih banyak daripada interor, perrimbangkan juga pemakaian ornamen yang rumit. Anda tentu jadi malas membersihkan bagian tangga yang memiliki detail kompleks dari debu luar ruangan yang tebal dan mengganggu. 

3. Tangga Besi Tempa Klasik dan Besar 

Tampilan tangga yang mewah dan megah bisa diterapkan pada rumah bergaya klasik yang besar. Untuk mengisi kekosongan ruangan, Anda bisa membuat tangga dengan ukuran besar. Sebagai kombinasinya, padukan material batu bata atau kayu agar tampilan tangga lebih menawan. 





Rancang desainnya bisa memilih orgamen dalam bentuk besar dan memanjang. Sesuaikan desain ini dengan panjang tangga dan juga penempatannya. Anda ingin dekorasi tangga terlihat oleh orang yang datang ke rumah. Kalau bagian tangga terhalang dari pandangan, sebaiknya bagian tersebut mengadopsi dekorasi yang minim saja.

4. Tangga Besi Dengan Railing Berlapis Emas 

Desain railing tangga besi tempa biasanya memakai cat putih atau hitam. Warna hitam lebih mendominasi pemakaian luar ruangan. Berbeda dengan railing yang dicat dengan lapisan cat warna emas. Desain seperti ini sebaiknya diterapkan untuk bagian dalam rumah. 

Keanggunan tangga yang memakai detail besi yang ditempa akan tahan lama, tapi dengan berjalannya waktu, warna bisa pudar. Itulah sebabnya bagian eksterior lebih umum memakai warna hitam. Jadi kusam atau pengurangan warna tidak terlihat. 







Kalau Anda ingin memberikan warna lain selain hitam dan putih, bisa memilih warna emas. Agar awet, sebaiknya desain seperti ini diterapkan dalam rumah. Anda tetap harus mengecat ulang cat tersebut kalau mulai pudar. Tapi kalau dipakai dalam rumah, kemungkinan cat ulang jadi tidak akan terlalu sering. 

5. Pagar Tangga Besi Yang Ramping 

Tangga yang ditaruh luar atau dalam ruangan bisa memakai desain besi tempa yang ramping. Gaya ini mengambil inspirasi dari gaya tempa Victoria klasik yang didominasi dengan garis vertikal hitam yang ramping. Desain ini mengusung interior yang sederhana namun tetap berkarakter. 





Hunian modern bisa memakai tampilan desain ini sebagai opsi untuk ditawarkan pada pemilik rumah. Gaya klasik selalu akan memiliki penggemar. Tapi, menggabungkan teknik besi yang ditempa dengan kesan modern adalah tantangan tersendiri.


6. Tangga Besi Tempa Dengan Tiang Pegangan Kayu Poles

Tangga yang didekorasi dengan besi yang ditempa kerap harus dicat ulang. Kalau memakai desain yang memadukan material besi dan kayu, Anda juga perlu ingat kalau kayu juga perlu diberikan warna penegas sehingga tampilannya jadi lebih cerah. 





Tiang panel dapat menerapkan kayu dengan cat poles natural untuk menekankan kesan alami. Material umumnya dipakai pada pegangan tangan dan bagian trim tangga untuk memberikan sentuhan artistik yang kokoh. Ini adalah desain yang pas untuk dalam rumah. Kayu dan air hujan tidak berinteraksi dengan baik. Walau Anda melapisinyua dengan cat anti air, ada baiknya untuk menghindari desain ini sama sekali di luar rumah. 

7. Desain Tangga Diagonal Yang Sederhana 

Tangga yang simple bisa berupa garis diagonal yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dasar. Anda bisa memberikan desain yang sederhana dengan gerigi railing yang tersusun rapi dan rapat. Bisa juga menambahkan orgamen diatasnya sebagai bagian dekorasi ruangan. 






Bagian luar rumah biasanya tidak memiliki tangga yang terlalu panjang, jadi Anda bisa menambahkan dekorasi ornamen seperti floral atau geometris. Tapi pada akhirnya, pilihan tersebut disesuaikan dengan preferensi pemilik rumah. 


















Itulah beberapa inspirasi desain tangga besi tempa yang dipakai untuk dalam atau luar ruangan. Hal seperti terik matahari, hujan dan faktor lainnya jadi pertimbangkan dalam memilih desain yang tepat untuk sebuah hunian yang ingin memasang tangga dengan besi yang ditempa pada dalam dan luar ruangannya. Anda dapat memesannya di www.lamhar.com yang memiliki pengalaman dalam menangani pemesanan tangga untuk hunian Anda.