Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa Klasik

 Cara Membersihkan Besi Tempa Klasik dengan Perawatan yang Benar

Besi tempa klasik merupakan salah satu jenis bahan konstruksi yang memiliki karakteristik bagus dan tahan lama. Jenis material ini biasa digunakan sebagai bahan eksterior dan interior seperti pagar, kanopi, aksesoris dekorasi, rak, partisi dsb.
Besi tempa mengandung logam dengan tingkat yang sangat rendah bila dibanding baja. Inilah yang menyebabkan besi tempa lebih mudah untuk dibuat dalam berbagai bentuk menarik agar bernilai estetika tinggi. 


Selain itu, besi tempa memiliki karakteristik tekstur yang cenderung lebih kasar. Hal ini membuat besi tempa lebih mudah berdebu dan gampang kotor. Adanya kandungan logam yang dimasukkan dalam pembuatan besi tempa, juga membuatnya lebih mudah berkarat dan korosi.
Terlebih bila Anda menggunakannya sebagai kebutuhan eksterior. Melihat hal ini, maka penting bagi Anda yang menggunakan besi tempa untuk berbagai kebutuhan interior maupun eksterior, tahu bagaimana cara perawatannya. Sebenarnya, cara perawatan ini cukup gampang. Lantas, bagaimana caranya?

Bagaimana Cara Membersihkan Besi Tempa Klasik?


Memiliki bangunan dengan dekorasi atau bahan konstruksi dari besi tempa, tentu Anda harus tahu bagaimana cara perawatannya. Membiarkannya kotor dan berkarat, berisiko membuat besi tempa lebih cepat rusak dan menjadikan masa pakainya tidak bertahan lama.
Nah, untuk tahu bagaimana cara perawatan dan pembersihannya, tentu Anda harus paham terlebih dulu bagaimana karakteristik dari bahan tersebut dan seperti apa kerusakannya. Setelah mengetahuinya, barulah Anda bisa menentukan cara mana yang tepat untuk merawatnya. Ini beberapa caranya. 

1. Rutin Membersihkan Besi Tempa Klasik

Perlu Anda tahu bahwa untuk membersihkan jenis besi tempa, sebenarnya sama seperti Anda melakukan perawatan pada perabot rumah lain. Semisal ketika permukaan besi tempa kotor karena debu. 

Untuk membersihkannya, Anda bisa memulai dengan menyikatnya di ruangan terbuka. Anda dapat menggunakan air dan sabun cuci piring, lalu sikat permukaannya menggunakan bahan tersebut dan bilas sampai bersih. Jika sudah, bilas permukaan besi tempa dengan menggunakan air bersih.


2. Membersihkan Karat pada Besi Tempa

Salah satu permasalahan yang paling umum dan paling besar terjadi pada besi tempa klasik adalah munculnya karat. Anda harus membersihkan karat ini supaya tidak menyebar ke bagian lain yang belum terkena. Membersihkan karat juga akan membuat permukaannya bersih dan terlihat baru.
Anda dapat membersihkannya dengan mudah, asalkan cara tersebut tidak mengendap selama bertahun-tahun. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kain lap yang memiliki tekstur kasar untuk merontokkan karat pada besi tersebut. Apabila karat tersebut cukup sulit untuk dibersihkan, Anda dapat menggunakan tiner dan menggosoknya dengan kuat.

3. Memanfaatkan Air Panas

Mungkin Anda memiliki furnitur atau bahan konstruksi yang dibuat dari besi tempa yang berwarna-warni. Apabila terjadi perubahan warna, kotor atau pengelupasan pada besi tersebut, tentu tidak mungkin untuk melakukan pengecatan kembali. Hal ini akan sangat sulit untuk dilakukan.
Untuk atau membersihkan permukaan besi tempa yang kotor dan bernoda, cobalah memanfaatkan air panas. Cara ini akan membuat permukaan besi tempa terlihat lebih bagus. Pengaplikasiannya adalah dengan menuangkan air hangat atau panas ke dalam ember, lalu Anda dapat mencelupkan lap ke dalam air tersebut.
Jika sudah, tambahkan sabun pada permukaan lap dan gosokkan pada seluruh permukaan besi tempa. Jika sudah, siram sisa air panas tersebut ke seluruh permukaan besi tempa yang sudah Anda bersihkan. Keesokan harinya Anda bisa membersihkan cat yang sudah luntur atau menebal dengan menggunakan kuas. 

4. Menghilangkan Cat yang Mengelupas

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada besi tempa klasik adalah cat yang mengelupas. Untuk menghilangkan cat yang terkelupas pada permukaan besi tempa, gunakan scraper cat. Caranya, pastikan terlebih dahulu Anda membersihkan semua sisa cat yang menempel menggunakan sikat kawat.
Jangan melupakan untuk membersihkan bagian celah–celah kecil. Setelahnya, bersihkan semua cat yang tersisa sebelumnya menggunakan amplas. Membersihkan menggunakan amplas juga efektif untuk menghilangkan karat.

5. Bersihkan Cat Mengelupas Menggunakan Penyemprot Bertekanan Tinggi

Menggunakan penyemprot bertekanan tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan cat yang terkelupas pada permukaan besi tempa. Ini bisa menjadi salah satu pilihan ideal apabila cat yang terkelupas tersebut dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti pada jenis besi tempa yang mempunyai banyak ornamen kecil dan mendetail.
Anda akan lebih mudah untuk membersihkan cat yang mengelupas menggunakan penyemprot bertekanan tinggi, khususnya pada sela-sela kecil. Namun perlu diperhatikan, anda harus berhati-hati ketika melakukan penyemprotan. Jangan sampai kesalahan dalam menyemprot justru merusak bagian-bagian permukaan lain yang masih bagus.

6. Mengecat Ulang Besi Tempa Klasik

Pada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai bagaimana cara merawat dan membersihkan besi tempa. Selanjutnya, mungkin Anda ingin melakukan pengecatan ulang pada permukaannya. Jika demikian, maka Anda perlu memastikan bahwa seluruh permukaannya dalam keadaan bersih dan terhindar dari kerusakan.
Perlu Anda tahu, bahwa sangat penting untuk melakukan pengecatan ulang ini. Membiarkannya terbuka dalam waktu lama dapat membuat besi tempa mengalami karat dan berisiko kerusakan. Dalam melakukan pengecatan ulang, ini Anda perlu menggunakan primer anti karat terlebih dahulu sebelum mengecat.
Setelahnya, Anda perlu mengoleskan dua lapis cat enamel yang tahan lama. Barulah setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan cat yang berjenis spray untuk bagian yang lebih mendetail atau memiliki pola rumit.

7. Gunakan Produk Pengkilap Kendaraan

Cara untuk merawat besi tempa lainnya adalah dengan memanfaatkan produk pengkilap kendaraan. Namun sebelumnya, Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin pada permukaannya.
Setelah membersihkan, barulah Anda mengaplikasikan produk tersebut. Manfaat produk ini adalah mampu menurunkan risiko permukaan yang lebih gampang berdebu dan berkarat. Hasilnya, permukaan besi tempa juga akan terlihat lebih mengkilap dan lebih bersih.
Pilih Jasa Besi Tempa Klasik Profesional dan Berpengalaman
Salah satu cara untuk menghindarkan risiko kualitas besi tempa yang kurang berkualitas dan mudah mengalami kerusakan adalah dengan memilih jasa terpercaya. Memilih jasa besi tempa haruslah memperhatikan profesionalitas dan pengalamannya di bidang yang sama.
Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai yang diinginkan. Penyedia jasa terbaik menawarkan berbagai bentuk besi tempa, mulai dari klasik hingga modern. Baik itu untuk kebutuhan besi tempa produk jendela, pintu, tralis hingga pagar.
Berbagai kreasi lain dari jasa besi tempa juga bisa Anda lihat dari pengalamannya. Spesialis besi tempa tentunya memiliki banyak portofolio yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih.
Dari segi harga, pilih pula yang menawarkan harga kompetitif dan dengan kualitas yang tidak diragukan. Kualitas memiliki peranan penting, supaya hasilnya sesuai yang Anda harapkan. Oleh karena itu jasa besi tempa terbaik pastilah menawarkan garansi atas layanan yang sudah diberikan.
Penawaran garansi ini merupakan jaminan ketika hasil yang sudah pelanggan peroleh tidak sesuai kesepakatan, mengalami kerusakan, serta tidak berfungsi secara maksimal. Maka dari itu, dapatkan rekomendasi jasa besi tempa klasik terbaik yang sudah berpengalaman dan memiliki spesialisasi di bidangnya!