Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Pagar Besi Tempa Bintaro

 Pagar Besi Tempa Bintaro : Keunggulan dan Cara Merawat

Bengkel Tempa | Besi Tempa | Spesialis Besi Tempa | Jasa Besi Tempa | Pembuatan Besi Tempa | Pagar Besi Tempa | Tempa Bintaro
Pagar besi banyak dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membuat proteksi pada rumah, satu langkah lebih ketat. Saat ini orang-orang lebih suka menggunakan pagar besi tempa karena dinilai lebih kuat dan juga fleksibel. Fleksibilitas pagar besi tempa, karena Anda bisa memilih dengan bebas desain pagar besi yang akan digunakan.
Misalnya jika memiliki rumah minimalis maka bisa membuat pagar besi dengan model pagar minimalis, sebaliknya jika memiliki rumah dengan gaya klasik maka bisa menggunakan pagar besi dengan gaya vintage pula. Selain itu apa saja keunggulan menggunakan pagar besi tempa?
Keunggulan Pagar Besi Tempa
Besi tempa adalah material besi dengan campuran antara besi dan karbon rendah, yang tentu saja berbeda dengan besi cor yang punya kandungan karbon tinggi. Adapun kandungan karbon sendiri akan berpengaruh pada kekuatan besi itu sendiri, di mana semakin rendah karbon maka besi juga akan semakin kuat.
Berikut beberapa kelebihan menggunakan pagar besi tempa dibanding pagar dengan material lainnya. 


1. Pagar Besi Tempa Lebih Kuat

Karena besi tempa memiliki karbon yang rendah dan kekuatannya kuat, maka untuk dijadikan sebagai pagar dari segi keamanan jauh lebih baik. Penggunaan besi tempa dalam masalah proteksi jauh lebih bisa diandalkan dibanding pagar dengan bahan kayu atau bahan lainnya, yang lebih mudah hancur.
Jadi untuk urusan ketahanan dan kenyamanan pemilik rumah, menggunakan besi tempat cukup disarankan. Penggunaan pagar besi tempa jauh lebih kokoh dibanding pagar dari material lainnya.

2. Pagar Besi Tempa Lebih Awet

Selain dari segi kekuatan, pagar besi tempa juga lebih tahan lama dan awet. Menggunakan pagar dari bahan kayu maka akan jauh lebih cepat lapuk, cepat kering bahkan melengkung apalagi jika perawatannya kurang. Sementara menggunakan besi tempat tentu saja bisa awet bertahun-tahun, bahkan bisa belahan tahun dengan perawatan yang tepat.
Tidak dipungkiri pula penggunaan pagar dari besi tempa bahkan bisa tahan sampai seumur hidup. Sebab besi tempa lebih tebal dan tahan terhadap hewan pengerat atau hama yang biasanya mudah menyerang pagar dari material kayu.


3. Pagar Besi Tempa Lebih Elegan

Keunggulan lainnya yang bisa Anda temukan pada pagar besi tempa adalah jenis pagar ini punya penampilan yang terkesan mewah dan elegan. Apalagi jika Anda memang memiliki rumah dengan konsep mewah, maka penggunaan pagar besi ini sangat tepat karena bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.
Bahkan untuk yang menyukai desain klasik mewah pada pagar rumahnya, bisa membuat desain pagar dengan pola klasik yang anggun dan akan meningkatkan kemewahan dari pagar tersebut.
Jika pagar rumahnya saja sudah mewah tentu saja akan meningkatkan nilai estetika dari rumah yang ada di balik pagar tersebut. Kemewahan rumah juga akan terpancar, bahkan sejak orang yang berkunjung membuka pagar rumah tersebut.

4. Pengolahannya Mudah

Faktanya bahwa pembuatan pagar dengan material besi tempa jauh lebih mudah. Saat Anda meng-custom pagar besi tempa, maka tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk pembuatan pagar satu ini.
Alasannya karena memang besi tempa pengolahannya menggunakan suhu tinggi agar mudah dibentuk. Tidak heran, serumit apapun desain pagar besi yang Anda inginkan  akan  lebih cepat jadi dan menghasilkan ornamen dan kelenturan besi yang lebih sempurna.

5. Harga Pagar Besi Tempa Terjangkau

Pagar besi tempa memiliki tampilan yang mewah dan megah, tidak heran sebagian orang menganggap bahwa harga pagar besi ini mahal. Padahal harga pagar besi tempa relatif terjangkau, karena untuk biayanya tergantung dari berapa meter pagar yang akan anda buat.
Harga pagar besi juga ditentukan oleh desain model pagar. Semakin rumit desainnya, maka harga pembuatan pagar besi tempa juga akan lebih mahal. Namun jika pagar besi dibuat dengan model minimalis dan simple, pastinya harga yang ditawarkan juga relatif lebih terjangkau.

Perawatan Pagar Besi Tempa

Disebutkan di atas bahwa salah satu keunggulan pagar besi tempa adalah bisa awet bertahun-tahun bahkan tahan sampai seumur hidup Anda. Meski begitu, penting juga untuk melakukan perawatan besi tempa yang baik dan benar agar besi memang benar-benar bisa awet selamanya.

1. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan pagar besi tempat secara rutin. Perawatan rutin pada besi tempa harus dilakukan, terutama untuk kondisi besi yang memiliki banyak noda. Karena jika noda-noda tersebut tidak dibersihkan, akan memicu timbulnya karat.
Sebelum muncul karat, maka bersihkan pagar dan untuk caranya juga cukup sederhana. Anda tinggal gunakan air dan campuran deterjen untuk membersihkan pagar ini.

2. Periksa Pagar Secara Berkala

Manfaat memeriksa pagar secara berkala adalah untuk mengetahui apakah ada bagian-bagian di pagar tersebut yang terkena karat. Jika pagar sudah berkarat walaupun hanya sedikit saja, pastikan untuk segera mengatasi hal tersebut. Ini sangat membantu untuk membuat karat tidak akan menyebar ke bagian lainnya di pagar besi tempa.

3. Lakukan Pengecekan Setahun Sekali

Pengecatan pada pagar besi tempa juga harus dilakukan untuk menghindari air dan udara serta kelembaban mengenai permukaan besi langsung. Minimal pengecatan bisa Anda lakukan setahun sekali atau dengan melihat kondisi besi apakah catnya sudah mengelupas atau belum.
Ketika cat sudah mulai mengelupas, maka segera tutup dengan cat baru agar karat tadi tidak akan mengenai bagian lainnya. Umumnya pengecatan detail pada pagar besi jenis ini, terletak pada ornamen besi karena merupakan bagian utama dari pagar tersebut.
Ornamen besi tempa mempunyai tekstur sesuai dengan motif dan warna. Pastikan sesuai dengan detail warna dan motif pagar sebelum dicat kembali.

4. Perlindungan Pagar Besi Tempa Dari Air Hujan

Karena pagar besi berada di luar rumah, maka ancaman air hujan tidak bisa diatasi. Untuk itu, lapisi pagar besi tempat Anda dengan cat minyak agar air hujan tidak mudah menempel pada pagar. Saat pengecekan berkala pastikan tidak ada lubang yang menjadi tempat penampung air pada pagar.
Lubang yang bisa menampung air ini lama-kelamaan bisa membuat pagar menjadi berkarat. Untuk menutupi lubang bisa menggunakan dempul atau jika lubangnya semakin besar, maka tutup menggunakan besi dengan proses pengelasan.
Mencari jasa pembuatan pagar besi tempa saat ini cukup mudah, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan. Salah satunya jika Anda tinggal di area Bintaro dan sekitarnya maka bisa pilih jasa pembuatan pagar besi tempa Bintaro. Untuk menemukan jasa ini sangat mudah, Anda bisa mencari referensi di internet, berbagai platform atau melalui kerabat terdekat.
Pastikan saat mencari jasa pembuatan pagar besi tempa Bintaro, Anda harus menemukan yang memang benar-benar sudah berpengalaman bertahun-tahun, karena kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Sebuah jasa, jika sudah berdiri bertahun-tahun maka kualitas dari pekerjaannya sudah tidak diragukan lagi. Jangan lupa cek testimoni para klien yang menggunakan jasa pagar besi tempa Bintaro yang akan Anda pilih. Untuk memastikan bahwa jasa tersebut memang menghasilkan kualitas pagar besi tempa terbaik.