Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Pagar Tangga Besi Tempa di Cipete

Pagar Besi Tempa di Cipete: Kekurangan, Kelebihan, dan Tips Perawatannya


Jakarta Selatan khususnya Cipete merupakan kawasan yang banyak dihuni oleh orang-orang kaya, tidak heran bangunan disana mayoritas elit. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya rumah gedongan yang menggunakan pagar besi tempa di Cipete. Uniknya pagar besi tempa memang menjadi ciri khas hunian elit.
Diantara banyaknya jenis pagar yang bisa Anda coba pasang di rumah, besi tempa menjadi rekomendasi material pagar yang memiliki kelebihan dan ciri khas tersendiri apalagi kalau Anda senang dengan bangunan berkonsep mewah.
Nah sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum memasang pagar dari besi tempa, sebaiknya simak ulasan yang akan kami bahas secara lengkap di bawah ini.
Mengenal Pagar Besi Tempa di Cipete
Besi tempa sendiri adalah jenis olahan yang mengandung karbon rendah bahkan dibawah 0,08%. Tentunya angka ini berbeda dengan bahan besi cor karena kandungan karbonnya hingga mencapai 4%. Nah karena memiliki kandungan karbon yang rendah, hal ini membuat besi tempa cenderung lebih kuat.
Besi tempa juga populer di kalangan arsitek karena sifatnya yang lebih lunak serta mudah dibentuk saat masih panas. Adapun berikut ini merupakan sejumlah karakteristik besi tempa.
●    Memiliki struktur serat berasal dari terak yang dicampurkan pada saat proses penempaan.
●    Besi tempa dibuat dari besi kasar dengan tambahan beberapa senyawa lain seperti silikon, mangan, fosfor, dan karbon.
●    Kandungan pengotor yang rendah yaitu dibawah 5% membuat material yang satu ini cenderung lunak.
●    Tahan terhadap korosi karena adanya bahan terak.
●    Bentuk umumnya berupa pelat, lembaran, batangan, dan pipa.
●    Lebih baik dari segi keamananya dibandingkan bahan kayu.
Kelebihan dan Ciri Khas Pagar Besi Tempa
Selain mengetahui bagaimana karakteristik pagar besi tempa di Cipete, ternyata masih ada segudang kelebihan lain dari material pagar yang satu ini. Pastinya Anda harus mengetahui informasi di bawah ini jika memiliki rencana untuk menggunakan besi tempa sebagai pagar rumah.

1. Mempercantik Hunian

Pagar besi tempa biasanya menggunakan desain dan ornamen khas yang dijamin mempercantik hunian rumah Anda. Apalagi jika Anda menambahkan lanskap tanaman hias, halaman rumah dijamin indah. Pagar besi tempa juga memiliki garis yang jelas sebagai pembatas, jadi gerbang rumah Anda tetap kelihatan kokoh sekaligus menawan dengan varian desain memukau.

2. Mencegah Pencurian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat pagar besi tempa yang paling terasa adalah dari segi keamanannya. Pagar besi tempa memiliki bentuk yang tinggi memanjang dengan material kuat sehingga tidak akan mudah ditembus oleh maling. Supaya lebih aman, Anda juga bisa memasang CCTV di bagian pinggir pagar untuk mengetahui siapa saja yang keluar-masuk rumah.

3. Meredam Suara Bising

Apabila Anda tinggal di kompleks Cipete dengan padat penduduk yang sering bising, menggunakan pagar besi tempa sangat recommended karena bisa meredam suara dari luar. Pagar yang terbuat dari kayu atau bahan lain pastinya tidak akan mampu meredam suara, sehingga kurang efektif untuk Anda yang senang dengan suasana tenang.

4. Menjaga Privasi Dalam Rumah

Karena pagar besi tempa ini memiliki ukuran yang tinggi, maka privasi Anda di dalam rumah terjamin aman dan tidak akan terlihat dari luar. Pagar tersebut akan memberikan kenyamanan untuk Anda dalam beraktivitas di dalam rumah karena orang lain tidak akan bisa mengintip.

5. Tahan Lama

Menariknya pagar besi tempa di Cipete terbilang tahan lama dan anti karat. Besi tempa merupakan pilihan material gerbang yang wajib Anda pasang di rumah untuk mengganti pagar yang sudah tua. Untuk beberapa tahun kedepan Anda tidak perlu khawatir lagi pagar akan roboh karena besi tempa sudah terjamin kualitas dan ketahanannya.
Kekurangan Pagar Besi Tempa
Sayangnya pagar besi tempa juga masih memiliki kekurangan yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Agar tidak rugi nantinya, Anda wajib tahu apa saja kekurangan material pagar yang satu ini sebagai pertimbangan.

1. Harga Mahal

Tahukah Anda bahwa harga besi tempa cenderung mahal. Bahkan Anda pun harus mengeluarkan budget lebih. Meskipun demikian, harga tersebut akan sebanding dengan kualitas yang diberikan oleh besi tempa sebagai pagar yang kuat, tahan lama, dan juga indah.

2. Memiliki Bobot yang Sangat Berat

Pagar rumah yang terbuat dari kayu memang lebih mudah terserang rayap tapi ringan. Sedangkan pagar besi tempa memiliki bobot yang sangat berat. Hal ini membuat proses pemasangannya tidak mudah dan membutuhkan beberapa pekerja agar pagar bisa terpasang dengan baik. Tapi penggunaannya tidak akan mengecewakan Anda setelah pagar berhasil berdiri.

3. Mudah Berubah Warna

Pagar besi tempa di Cipete yang sering terkena air hujan apalagi tidak dicat ternyata mudah mengalami perubahan warna. Jika Anda membiarkan hal ini terjadi maka bisa membuatnya terlihat tidak menarik dan usang. Namun Anda bisa mengakalinya dengan rutin cat ulang apabila sedang musim hujan.

4. Tidak Bisa Terkena Beban Berat

Sayangnya pagar besi tempa tidak bisa terkena beban berat. Bahkan saat tersenggol kendaraan saja bisa patah. Namun uniknya, Anda bisa las ulang yang terbilang mudah dan cepat sehingga bisa tersambung kembali.

Tips Memasang Pagar Besi Tempa

Nah jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan pagar besi tempa di atas, apakah Anda sudah yakin akan memasang pagar dengan material yang satu ini? Meskipun terdapat sejumlah kekurangan, tetapi hal tersebut tertutupi oleh keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh pagar besi tempa itu sendiri. Pokoknya dijamin tidak akan mengecewakan Anda.
Supaya kekurangan tersebut tidak mengganggu Anda, maka sebaiknya ketahui bagaimana cara merawat pagar rumah dari besi tempa seperti yang akan kami bahas selanjutnya ini.

1. Hindari Menanam Tanaman Rambat

Meskipun tanaman rambat cocok agar pagar tidak terlihat kosong, tapi nyatanya tanaman ini bisa membuat pagar besi tempa di Cipete rusak. Permukaan pagar besi akan hancur saat terkena akar dari tanaman rambat. Namun tanaman rambat bisa Anda tanam di sekitar pagar jika Anda memang ingin menghasilkan kesan rustic.

2. Lapisi Permukaan Pagar Besi

Selain menghindari tanaman rambat, Anda juga wajib melapisi permukaan pagar besi dengan lapisan sealant logam. Selain itu, jangan lupa untuk mengecat seluruh bagian pagar dengan cat berkualitas tinggi dan mengandung water repeller agar air hujan tidak menempel. Jadi pagar Anda bisa tetap kokoh anti karat meski sedang musim hujan.

3. Bersihkan Pagar Secara Berkala

Membersihkan pagar merupakan kewajiban Anda sebagai pemilik hunian. Biasanya pagar besi tempa mudah terkena kotoran dan debu sehingga harus dibersihkan secara rutin agar warna tidak pudar dan terlihat kusam. Bahkan air hujan yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menjadi penyebab karat.
Pagar besi tempa merupakan jawaban yang tepat untuk mengatasi kekhawatiran Anda terkait pagar yang mudah roboh. Sekarang Anda bisa langsung berkonsultasi dengan pandai besi pagar besi tempa di Cipete untuk mewujudkan pagar impian dari material yang satu ini.