Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Railing Tangga Besi Tempa di Bintaro

 Railing Tangga Besi Tempa di Bintaro : Pengertian, Model, dan Tips Pemilihannya



Bengkel Tempa | Workshop Tempa | Railing Tangga Besi Tempa Bintaro | Jasa Besi Tempa | Pembuatan Railing Tempa

Dalam pembangunan sebuah hunian yang nyaman, ada banyak elemen yang penggunaannya harus dipertimbangkan. Mulai dari penggunaan atap, granit, railing tangga, dan sebagainya. Elemen-elemen tersebut tidak bisa anda sembarang pilih. Karena ini menyangkut keamanan, kenyamanan, keawetan pemakaiannya.
Misalnya saja pemilihan railing tangga besi tempa di Bintaro, anda harus sesuaikan dengan gaya desain rumah yang anda gunakan. Agar tercipta rumah yang elegan dan nyaman untuk anda tinggali. Railing tangga adalah elemen rumah yang sangat penting yaitu sebagai pegangan tangga. Jika anda salah pilih maka akan mempengaruhi looks dari rumah anda dan keamanannya. Pastikan anda membuat tangga yang tidak menyebabkan kelelahan ketika harus naik turun.
Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda pahami terkait pemilihan railing tangga besi tempa di Bintaro.

Pengertian Railing Tangga Besi Tempa

 


Seperti yang disinggung sebelumnya, railing tangga merupakan sebuah pengamanan yang biasanya dipasang di pinggir tangga. Fungsinya bisa anda gunakan sebagai pegangan ketika naik turun tangga. Selain itu juga menjaga anda agar tidak jatuh dan sebagai ornamen yang mempercantik tampilan rumah anda.
Sedangkan besi tempa adalah material yang digunakan untuk membuat railing tangga yang terbuat dari besi alloy yang mempunyai kandungan karbon rendah yaitu dibawah 0,08%. Sehingga bersifat lebih kuat dari besi cor, keuletannya tinggi, dan tidak korosif serta mempunyai bentuk lembaran atau plat. Dengan karakteristik seperti ini tentu menjadikan besi tempa material yang cocok untuk membuat railing tangga rumah anda.
Nah seiring berkembangnya gaya desain rumah modern, railing tangga juga berkembang dengan berbagai macam model. Untuk rumah anda manakah yang akan anda pilih?
Macam-Macam Model dan Material Railing Tangga
Umumnya railing tangga mempunyai tinggi kisaran 80cm-100cm, ini adalah batas kenyamanan seseorang dalam memegang railing tangga. Untuk model dan materialnya anda bisa mempertimbangkannya berdasarkan ulasan berikut ini :


● Full Besi Model Standard

Jenis material yang bisa anda gunakan diantaranya besi tempa, besi ulir, hollow besi, besi polos dan sebagainya. Untuk hollow hitam biasanya terbuat dari baja hitam, kemudian hollow galvanis yang mana permukaan luarnya telah dicoating menggunakan seng yang didapatkan dari celupan cairan timah. Fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan kepada besi sehingga tidak terjadi korosi atau karatan. Hal ini tentu umum dilakukan mengingat material yang anda gunakan adalah full besi.
Jika anda ingin menggunakan model hollow besi maka ukurannya bisa anda buat dengan panjang 6 meter dengan ketebalan yang variatif biasanya 0,8mm-2mm. Sedangkan handle nya anda bisa menggunakan ukuran 4 x 6. Teknik pembuatannya mudah, anda bisa menggunakan las listrik yang mana hal ini tentu membuat railing tangga dari hollow besi harganya lebih terjangkau.
Selain harganya yang terjangkau juga ada banyak kelebihan dari railing tangga dengan material full besi yang bisa anda pertimbangkan. Diantaranya umur pemakaian panjang, perawatannya mudah, bisa dibentuk dengan berbagai macam model, dan membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik.


● Material Besi Kombinasi Kayu

Pilihan railing tangga besi tempa di Bintaro lainnya adalah besi dikombinasikan dengan kayu. Bagian kayunya terdapat pada handle atau pegangan tangga selebihnya tetap menggunakan besi tempa atau jenis besi lainnya. Model railing tangga seperti ini biasanya digunakan pada model rumah dengan desain minimalis.
Kelebihan mengkombinasikan besi dan kayu adalah perawatannya mudah, membuat rumah menjadi lebih estetik, dan anda tidak perlu anggaran besar untuk membersihkannya.
Berapa Ongkos Pembuatan Railing Tangga Besi Tempa?
Railing tangga besi tempa di Bintaro menawarkan harga yang variatif. Namun secara umum ada beberapa faktor yang mempengaruhi ongkos pembuatan railing tangga, diantaranya :
● Luas railing tangga besi tempa yang anda gunakan. Tentunya semakin panjang dan luas tangga yang anda buat harganya juga semakin mahal.
● Model railing tangga besi tempa yang anda pilih untuk rumah anda.
● Jenis rangka besi yang anda gunakan juga berpengaruh pada ongkos yang harus anda bayarkan.
Oleh karena itu pastikan anda menghitung ongkos dengan benar sebelum memutuskan proses pembuatannya. Selain itu pilihlah jasa pasang railing tangga besi yang sudah punya pengalaman dan bisa anda percaya. Agar tidak salah dalam memilih railing tangga dan jasanya berikut ini akan kami berikan tipsnya.
Tips Pemilihan Railing Tangga dan Jasa Pemasanganya
Pemilihan railing tangga tidak bisa anda lakukan tanpa pertimbangan yang matang, bila anda menggunakan jasa arsitek tentu proses pengambilan keputusan akan jauh lebih mudah. Namun jika anda tidak menggunakan jasa arsitek, berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan ketika akan membuat railing tangga besi tempa :

● Menyesuaikan Model Railing Tangga Dengan Model Rumah

Pertama sesuaikan dengan desain rumah yang anda gunakan. Karena selain sebagai pengaman railing tangga juga bisa membuat nilai estetika rumah menjadi lebih bagus.
Contoh, apabila rumah anda menggunakan model minimalis maka railing tangganya juga harus minimalis. Karena jika terlalu heboh akan membuat tampilan rumah menjadi kurang elegan. Begitupun sebaliknya jika rumah anda mewah dan megah seperti pada model rumah bergaya Victorian maka anda bisa menggunakan desain railing yang banyak ornamennya.

● Gunakan Material yang Sesuai

Jika desain railing tangga sudah anda tentukan maka selanjutnya pilihlah material yang sesuai, dengan begitu hasilnya akan jauh lebih maksimal. Untuk rumah dengan gaya minimalis anda bisa memilih material kombinasi antara railing tangga besi tempa dengan handle kayu. Selain itu anda juga bisa memilih material lain seperti kaca maupun hollow besi.
Sedangkan untuk rumah dengan gaya mewah seperti Victorian, maka alangkah baiknya anda menggunakan railing tangga dengan material kayu, stainless steel atau tangga beton.

● Sesuaikan Pemilihan Cat Railing Tangga

Railing tangga besi tempa di Bintaro juga menyediakan berbagai pilihan cat yang bisa anda sesuaikan dengan gaya rumah yang anda gunakan. Diantaranya yang populer adalah cat warna putih, hitam, maupun coklat.
Khusus untuk rumah dengan gaya Bohemian dan Victorian anda bisa memilih antara warna putih, gold, ataupun silver dengan begitu akan lebih bisa menonjolkan kesan mewahnya.

● Pertimbangkan Jumlah Anak Tangga

Berikutnya anda juga harus mempertimbangkan railing tangga berdasarkan jumlah anak tangga yang anda gunakan. Misalnya untuk anak tangga yang jumlahnya masih belasan atau sedikit, alangkah baiknya jika menggunakan railing tangga dengan material besi kombinasi kayu atau full kayu.

● Bisa Menggunakan Akrilik Untuk Menggantikan Kaca

Railing tangga juga ada yang menggunakan material kaca, dengan sifatnya yang mudah pecah dan perawatannya yang rumit tentu anda harus lebih berhati-hati. Atau anda bisa menggantinya dengan material akrilik dengan sifatnya yang lebih ulet sehingga tidak mudah pecah.
Jasa railing tangga besi tempa di Bintaro ada banyak, anda bisa memilih mereka yang sudah punya pengalaman dan mempunyai track record yang bisa dipercaya. Anda bisa mengeceknya lewat portofolio yang mereka punya atau lewat review di berbagai platform. Selain itu carilah jasa pasang railing di Bintaro yang menyediakan layanan konsultasi secara gratis. Sehingga anda bisa mendiskusikan model railing besi tempa yang akan cocok untuk rumah anda beserta beserta besarnya ongkos yang dihabiskan.