Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Tralis Pagar Tangga di Dadap

Tralis Pagar Tangga di Dadap: Fungsi, Inspirasi Desain, dan Tips Pemasangannya Agar Aman


Apakah rumah Anda memiliki tangga untuk ke lantai dua? Nah, apakah Anda yakin kalau tangga tersebut aman meski tanpa pegangan? Bagi warga Dadap, Tangerang yang punya rumah dua lantai, Anda wajib menggunakan teralis sebagai pelindung. Sekarang pun sudah banyak jasa tralis pagar tangga di Dadap yang bisa Anda coba.
Secara bahasa, teralis adalah bagian pagar tangga yang satu kesatuan dengan railing. Sehingga keduanya memiliki makna dan fungsi yang sama. Biasanya teralis atau railing dipasang di balkon dan tangga, jadi kadang disebut sebagai pagar pelindung.
Nah supaya lebih jelas mengetahui seluk beluk tentang teralis pagar tangga, silakan simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini. Let’s check this out!
Apa itu Tralis Pagar Tangga?
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teralis hampir sama dengan railing. Adapun railing merupakan media pengaman di sekitar tangga. Umumnya teralis ini berupa dinding atau pagar dilengkapi pegangan tangan.
Uniknya pengaman tangga ini bisa sekaligus menyempurnakan interior rumah, inilah kenapa Anda bisa dengan bebas memilih berbagai desain, bentuk, serta material sesuai dengan keinginan. Sedangkan untuk ukuran ketinggiannya dapat disesuaikan berdasarkan fungsi dan harus aman untuk semua penghuni.
Namun idealnya tinggi railing tangga adalah sekitar 80 sampai 100 cm. Lagi-lagi Anda harus menyesuaikannya dengan standar kenyamanan jangkauan tangan Anda dan keluarga. Ingat juga, sudut pegangan tangan tersebut harus berbentuk tumpul supaya tidak melukai orang yang memegangnya.
Tidak hanya itu saja, pastikan pengaman tangga ini dipasang menggunakan sistem las. Jangan gunakan paku karena bisa mengakibatkan konstruksi menjadi lemah dan sewaktu-waktu roboh.

Fungsi Tralis Pagar Tangga di Dadap

Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, penggunaan railing tangga adalah keharusan demi keamanan serta kenyamanan seisi rumah. Nah jika Anda belum terlalu yakin memasang teralis pagar tangga, sebaiknya ketahui apa saja fungsinya seperti berikut ini.

1. Media Pengaman

Pastinya Anda sudah tahu bahwa tujuan utama dipasang teralis pagar tangga adalah untuk memberikan keamanan. Meskipun tangga boleh saja dipasang tanpa railing, tetapi akan semakin aman jika sekaligus dipasang pegangannya. Apalagi jika di rumah Anda ada anak-anak, akan berbahaya saat tidak diawasi langsung tanpa teralis pagar.

2. Menambah Nilai Estetika

Tidak hanya dari segi keamanannya saja, ternyata memasang tralis pagar tangga di Dadap juga bisa menambah nilai estetika untuk hunian rumah. Interior rumah Anda bisa meningkat lebih baik saat ditambahkan teralis tangga. Namun pastinya Anda harus menggunakan desain, warna, dan konsep yang sesuai.

3. Melengkapi Bagian Rumah

Uniknya, rumah Anda akan terlihat lebih lengkap dan penuh saat menggunakan teralis tangga. Pasalnya jika tangga tidak dipasang railing malah terlihat kosong, sehingga lebih baik Anda segera pasang teralis tangga sekarang juga.

Inspirasi Desain Tralis Pagar Tangga

Supaya Anda tidak bingung lagi menentukan konsep yang pas untuk pemasangan railing tangga, lebih baik cari tahu inspirasi desain yang paling banyak digunakan. Adapun informasinya adalah sebagai berikut.

1. Railing Minimalis

Desain teralis tangga minimalis memang paling banyak digunakan tapi lebih cocok untuk tangga yang tidak memiliki undakan banyak. Biasanya teralis ini menggunakan material kaca atau kayu. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan konsep rumah agar senada.

2. Railing Fungsi Rak

Tahukah Anda bahwa teralis tangga juga bisa sekaligus dialihfungsikan sebagai rak. Anda bisa menyimpan banyak barang seperti koleksi buku atau sepatu di dalam rak tersebut. Desain yang satu ini menjadi solusi serbaguna untuk memaksimalkan fungsi tangga rumah Anda.

3.  Railing Tali Temali

Untuk menonjolkan nilai estetika, cobalah pertimbangkan menggunakan railing tali temali. Tidak usah khawatir, karena desain tralis pagar tangga di Dadap ini terbilang aman karena tali akan dikaitkan secara kuat. Bayangan tali akan menghasilkan siluet indah sehingga membuat tangga terlihat seperti karya seni.

4. Railing Rustic

Ternyata teralis gaya rustic juga menjadi salah satu konsep yang paling banyak diminati. Rustic merupakan desain yang unik karena mengutamakan material alami dengan rancangan yang sederhana. Teralis rustic pun lebih cocok dipadukan dengan warna coklat kayu alami dan logam sehingga menghasilkan kesan homey.

5. Railing Geometri

Railing adalah bagian krusial pada tangga, tapi akan semakin cantik jika Anda menggunakan desain geometri. Desain ini dibuat menggunakan material besi dari lantai hingga ke langit-langit rumah. Tentunya konsep geometri akan terlihat sangat mengesankan!

6. Railing Spiral

Jangan hanya menggunakan desain umum saja, Anda juga bisa berkreasi dengan railing spiral. Biasanya desain spiral berasal dari bahan baja dan dibentuk melingkar. Namun perlu Anda ingat bahwa tangga spiral ini memiliki kapasitas penahan yang tidak stabil karena terbuat dari baja.

7. Railing Tuscany

Inspirasi teralis tangga yang selanjutnya berasal dari railing khas rumah di Tuscany, Italia. Polanya cukup unik karena meliuk-liuk tapi tetap terkesan klasik dan indah dari bahan kayu polished. Banyak kalangan yang menggunakan teralis jenis ini apalagi ada lengkungan yang menambah nilai keindahan dan lembut.

Tips Pemasangan Tralis Pagar Tangga Agar Aman    

Meskipun memiliki fungsi railing tangga yang sangat luar biasanya, tapi Anda tidak boleh sembarangan memasangnya agar unsur estetika dan keamanannya bisa maksimal. Oleh karena itu, mari ketahui bagaimana tips memasang pegangan tangga berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Desain Tangga

Karena disini penggunaan railing adalah sebagai pelindung tangga, maka harus disesuaikan dengan desain tangga itu sendiri. Contohnya jika tangga memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, Anda bisa menggunakan railing konsep minimalis tanpa perlu menambah ornamen tambahan.

2. Pilih Cat Senada

Agar terkesan matching dengan tangga, sebaiknya Anda menggunakan cat teralis yang senada. Umumnya railing tangga bergaya minimalis akan berwarna hitam, coklat, atau putih. Sedangkan untuk tangga rumah gaya Bohemian dan Victorian, Anda bisa memilih warna silver, emas, atau putih.

3. Gunakan Material yang Sama dengan Desain

Setelah Anda menentukan akan menggunakan desain tralis pagar tangga di Dadap mana, selanjutnya pilih material yang sesuai dengan desain tersebut. Saat Anda ingin memakai konsep minimalis, cobalah pertimbangkan menggunakan material kaca, kayu, atau besi hollow. Beda halnya dengan desain Victorian, railing tangga lebih cocok dengan material stainless steel atau dari beton.

4. Sesuaikan dengan Jumlah Anak Tangga

Jumlah anak tangga juga harus menjadi pertimbangan saat hendak memasang teralis. Misalnya, jika undakan tangga tidak terlalu banyak, maka lebih cocok menggunakan desain minimalis. Namun jika ada banyak, desain Victorian atau Bohemian akan terlihat lebih senada.

5. Gunakan Material Akrilik Sebagai Pengganti Kaca

Saat Anda menggunakan jasa tralis pagar tangga di Dadap, biasanya mereka akan menyarankan menggunakan bahan akrilik dibandingkan kaca sebagai alternatif. Pasalnya railing bahan kaca memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah karena mudah retak sehingga bisa membahayakan pengguna.
Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi saat hendak menggunakan tangga, cukup pasang railing dengan menggunakan jasa tralis pagar tangga di Dadap maka tangga Anda dijamin aman. Pastikan juga untuk mengikuti sejumlah informasi dan tips yang sudah dibahas sebelumnya.