Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa Pagar Rumah

 Manfaat, Keunggulan dan Kekurangan Besi Tempa Pagar Rumah



Rumah adalah sebuah bangunan yang terdiri dari berbagai macam unsur pelengkap yang fungsinya membuat kita yang tinggal disana merasa aman dan nyaman. Jika kamu tinggal di perumahan, salah satu unsur yang wajib kamu bangun adalah besi tempa pagar rumah. Karena secara area rumah, dengan adanya pagar kamu bisa membatasi mana yang menjadi wilayah kamu dan mana yang bukan.
Selain itu, meskipun kamu tinggal di perumahan, terkadang keamanannya masih riskan pada rumah yang tidak menggunakan pagar. Penjahat atau maling bisa dengan mudah mencari akses masuk ke rumah kamu. Di samping keamanan, penggunaan pagar juga bisa menambah kesan mewah, eksklusif, dan mempercantik tampilan rumah kamu.

Mengenal Besi Tempa Sebagai Bahan Untuk Pagar Rumah




Besi tempa adalah jenis besi olahan yang komposisi karbonnya rendah yaitu kisaran 0,08%. Dimana sifat dari besi tempa ini sangat kuat melebihi besi cor yang mempunyai komposisi karbon 4%. Kemudian mempunyai keuletan yang tinggi sehingga memudahkan proses pembentukan misalnya menjadi pagar rumah.
Adapun berikut beberapa karakteristik besi tempa yang nantinya bisa kamu gunakan sebagai pagar rumah :

  • Terbuat dari Pig Iron atau besi kasar dengan penambahan senyawa lain. Diantaranya mangan, fosfor, silikon dan karbon tentunya.
  • Memiliki komposisi pengotor yang rendah yaitu dibawah 5% sehingga bersifat ulet dan mudah dibentuk.
  • Serat yang terdapat pada strukturnya berasal dari terak yang ditambahkan ketika penempaan.
  • Bentuk besi tempa umumnya plat, lembaran, batangan, dan pipa.

Manfaat Penggunaan Besi Tempa Pagar Rumah




Besi tempa pagar rumah bisa kamu gunakan untuk rumah minimalis dan juga rumah mewah. Hanya saja model yang kamu gunakan haruslah sesuai dengan desain rumah yang kamu bangun. Sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal di rumah kamu. Nah adapun berikut ini manfaat penting memasang pagar rumah dari besi tempa yang bisa kamu rasakan.

● Bisa Mengurangi Kebisingan


Dengan penggunaan besi tempa pagar rumah, suara bising dari luar bisa teredam dengan baik. Apalagi kalau kamu tinggal di pinggir jalan atau wilayah yang terlalu ramai. Kendaraan yang lewat akan mengganggu penghuni rumah yang sedang beristirahat.

● Menjaga Privasi Penghuninya



Dengan pagar besi tempa yang kokoh kamu bisa menjaga privasi yang ada di rumah kamu. Terutama ketika kamu beraktivitas di halaman. Pagar rumah mengurangi kemungkinan orang lain yang ingin melihat dan masuk ke halaman rumah kamu tanpa izin.

● Menambah Estetika Eksterior Rumah





Selain itu bisa membuat tampilan eksterior rumah kamu menjadi lebih estetik. Apalagi kalau kamu menggunakan besi tempa, maka rumah kamu akan terkesan lebih mewah. Dan kalau rumah kamu minimalis, dengan pemilihan model pagar yang benar pasti menambah cantik tampilan rumah kamu.
Keunggulan dan Kekurangan Penggunaan Besi Tempa Untuk Pagar
Nah dalam penggunaan besi tempa pagar rumah kamu juga tetap harus mempertimbangkan keunggulan dan kekurangannya. Terutama harus kamu bandingkan dengan bahan untuk pagar rumah yang lainnya.
Keunggulan Penggunaan Besi Tempa

● Kuat




Apabila kita bandingkan dengan bahan pagar yang lain besi tempa mempunyai kekuatan yang sangat tinggi. Sehingga tidak mudah untuk menghancurkannya dan kamu pun bisa menghemat biaya perbaikan.

● Bisa Berumur Panjang

Besi tempa merupakan bahan pagar yang awet bisa sampai puluhan tahun kalau kamu paham bagaimana cara perawatannya. Selain itu juga tahan terhadap berbagai kondisi baik itu hujan maupun panas.

● Tampilan Rumah Menjadi Lebih Elegan

Apabila kamu menggunakan besi tempa sebagai bahan pagar rumah, maka tampilan eksterior rumah kamu juga menjadi lebih elegan. Kamu bisa sesuaikan modelnya dengan gaya bangunan rumah kamu agar lebih klop.

● Lebih Aman











Penggunaan besi tempa dengan sifat yang kuat dan tidak mudah dihancurkan tentu meningkatkan keamanan rumah. Dan bisa menjaga privasi kamu dan keluarga dengan lebih maksimal.

● Memberikan Tampilan Rustic











Pagar dari besi tempa bisa memberikan tampilan rumah menjadi lebih rustic, menarik dan lebih unit. Apalagi kalau punya motif urat besi alami akan memberikan kesan yang lebih mewah dan elegan pada rumah.

● Tidak Takut Rayap



Rayap pada pagar kayu akan sangat mengganggu dan bisa merusak pagar. Dengan besi tempa maka kamu bisa terbebas dari rayap, sehingga pagar pun menjadi lebih awet.
Kekurangan Penggunaan Besi Tempa
Disamping keunggulannya, dalam penggunaan besi tempa kamu juga harus mempertimbangkan kekurangannya, diantaranya :

● Lebih Mahal






Pertama harga pagar besi tempa sudah pasti lebih mahal apabila kamu bandingkan dengan bahan yang lain. Tapi sebenarnya mahalnya besi tempa sebanding dengan kualitas yang bisa diberikan. Sekarang saja harga pagar besi tempa per meter kisaran 2-4 jutaan, kamu bisa kalikan dengan besarnya rumah kamu dan tinggi yang kamu inginkan.

● Bersifat Korosif


Besi pada dasarnya juga mempunyai sifat korosif atau mudah sekali berkarat apalagi jika bersentuhan dengan udara dan air. Maka dari itu kalau kamu menggunakan besi tempa dan tidak bisa merawatnya, sudah pasti pagar tersebut tidak akan bertahan lama. Karat yang muncul tentu akan mengurangi keindahan dari rumah kamu dan mengurangi umur pagar tersebut.

● Berat


Besi selain kuat dan tidak mudah hancur, besi juga mempunyai sifat berat. Sehingga untuk pemasangannya perlu menggunakan keahlian khusus. Selain itu jika pagar tersebut menggunakan desain tarikan, apabila pelumasnya habis akan menyulitkan penghuni rumah untuk buka tutup pagar.
Tips Perawatan Besi Tempa Pagar Rumah
Nah agar tidak mudah berkarat dan rusak kamu juga harus belajar cara merawat pagar rumah dari besi tempa. Karena meskipun daya tahannya tinggi besi tempa juga tetap membutuhkan perawatan, diantaranya :

● Memberikan Cat dan Melapisi Permukaan Besi Tempa









Agar terhindar dari karat yang harus kamu lakukan adalah mengcoatingnya dengan cat anti karat. Kamu bisa menggunakan cat yang berkualitas yang mempunyai komposisi water repellent sehingga air hujan penyebab karat tidak menempel di permukaan pagar rumah kamu. Selain itu tambahkan juga sealant logam agar bisa tahan terhadap karat dan cat tidak cepat memudar.

● Jangan Berikan Tanaman Rambat Pada Pagar

Meskipun tanaman bisa membuat suasana rumah tampak asri, ada baiknya jangan menanam tanaman rambat di dekat pagar. Karena akar tanaman tersebut bisa merusak besi tempa.

● Lakukan Pembersihan Pagar Secara Rutin

Pagar yang letaknya di luar rumah pasti tidak jauh dari kotoran dan debu sehingga bisa membuat tampilan pagar menjadi kurang menarik. Oleh karena itu bersihkan permukaan pagar agar kotoran dan debu tidak menempel pada pagar.

● Pengecatan Kembali

Besi tempa pagar rumah juga bisa kamu cat kembali, apabila dirasa sudah jelek dan tidak menarik lagi karena warnanya memudar. Dengan pengecatan kembali kamu juga bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih fresh dan terawat. Jangan lupa pengecatan juga harus kamu lakukan dengan menggunakan cat yang berkualitas.

● Membersihkan Karat

Sebelum pengecatan kembali, sebaiknya kamu bersihkan dulu karatnya. Kamu bisa menggunakan tiner dan lap yang teksturnya kasar. Jangan mendiamkan karat selama bertahun-tahun agar lebih mudah proses pembersihannya.
Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait besi tempa pagar rumah. Pastikan kamu memilih model desain pagar yang sesuai dengan gaya rumah kamu. Agar bisa memberikan tampilan yang elegan, rustic, dan mewah. Selain itu gunakan jasa pasang pagar besi tempa yang bisa kamu percaya dan bandingkan harga pagar besi tempa agar tidak keluar budget.