Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa Pagar

 Besi Tempa Pagar Berkualitas dan Tahan Lama

 


Bingung memikirkan bahan dan model pagar rumah? Bagaimana kalau pilih besi tempa pagar. Jenis pagar ini estetik dan cocok untuk berbagai desain bangunan. Mulai rumah klasik sampai modern dapat mengaplikasikannya.




Pagar Besi Tempa | Pagar Klasik | Bengkel Pagar Besi Tempa | Besi Tempa | Pembuatan Besi Tempa


Pagar besi tempa lebih berkualitas dan tahan lama. Oleh karena itu, jenis besi ini  kerap dipilih karena ketahanannya dan perawatannya yang mudah. Material bangunan ini umumnya dipakai untuk menekankan kesan klasik.
Walaupun terlihat  lebih condong pada kesan klasik, besi mudah dibentuk dan mampu menyesuaikan dengan berbagai konsep rumah. Yang jelas, pagar dengan memakai besi tempa, tema hunian terlihat karena pagar jenis ini tidak akan menutupi rumah dari luar.




Material Besi Tempa Pagar dan Berbagai Keunggulannya

Pagar besi tempa memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya jadi pilihan untuk mempercantik bangunan. Olahan besi ini terbuat dari campuran kandungan yang tepat sebagai pagar. Berikut adalah beberapa di antaranya.


1. Karbon

Dengan kandungan karbon yang rendah, sehingga pagar besi tempa memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan besi cor atau jenis besi lainnya.  Walau Anda punya pagar yang ramping, tapi ketahanannya bisa diandalkan.









2. Fosfor dan Mangan

Terbuat dari besi yang ditambahkan dengan material lain seperti fosfor dan mangan, sehingga  materialnya lunak dan mudah dibentuk saat panas. Saat ditempa, Anda bisa dengan mudah membentuknya jadi batangan lurus, berulir, dan lain sebagainya.



3. Silikon

Strukturnya berserat sehingga mudah untuk dicampur dan dibentuk pada proses penempaan. Semakin besar seratnya, Anda akan lebih mudah mengoperasikannya. Bentuknya bisa dibuat berbagai macam seperti lembaran batangan pipa lekukan dan lain sebagainya



4. Terak

Mengandung komponen sehingga besi tempa tahan terhadap korosi. Pagar Anda akan memiliki proteksi optimal pada air dengan tambahan cat anti air.
Berbagai elemen pembentuk besi tempa, menjadikannya bahan ideal untuk bangunan. Bahan dan motif yang sama bisa diaplikasikan pada pagar, railing, balkon, sehingga memberikan tampilan identik dan seragam.


Perawatan Besi Tempa Pagar Agar Lebih Awet

Walaupun memiliki ketahanan yang tinggi Anda tetap perlu memperhatikan perawatan pagar agar keawetannya bisa diperhatikan. Pagar dari besi tempa tidak memerlukan perawatan rumit, jadi seharusnya, menjaga kondisi pagar besi tempa mudah dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda coba.








1. Pengecatan dan melapisi pagar besi

Hal ini dilakukan agar memiliki ketahanan optimal. Anda bisa menambahkan cat anti air sehingga pagar tidak mudah rusak. Anda memberikan perlindungan pagar dari sinar matahari dan perubahan cuaca.

2. Hindari Tanaman Rambat


 

Pagar bisa awet karena struktur kokohnya tidak terganggu. Jangan menanam tanaman rambat dekat pagar. Tanaman yang merambat mungkin terlihat cantik. Tapi, tanaman tersebut bisa merusak pagar terutama akarnya yang kuat mengelilingi pagar.
3. Bersihkan Pagar Secara Berkala
Kotoran dan debu bisa membuat tampilan pagar besi tempa jadi kusam. Meski besi tanpa memiliki ketahanan yang tinggi karat tapi kalau misalnya dibiarkan air menggenang pada satu titik bisa mempengaruhi ketahanannya.
Pagar besi tempa memiliki bahan yang tahan lama dan terlihat kokoh. Dengan perawatan optimal, Anda bisa mempertahankan tampilan tersebut untuk waktu yang lama. Dapatkan tampilan pagar sesuai keinginan Anda, buat lebih awet dengan tip yang telah disebutkan di atas.

Inspirasi Model Pagar Besi Tempa

Penasaran bagaimana pagar bisa diaplikasikan dengan besi tempa ? Berikut adalah beberapa contoh sebagai rekomendasi untuk rumah Anda.

1. Besi Tempa Pagar Bambu Runcing


 

Model ini adalah yang paling umum dan klasik. Konsepnya sederhana dengan model sederhana tapi cocok untuk berbagai konsep eksterior rumah. Ciri khas dari model pagar besi tempa yang satu ini adalah bagian atas yang dibuat runcing seperti bambu. Beberapa model dibuat menyerupai perisai kecil.

2. Pagar Besi Tempa Melengkung

model pagar besi yang selalu cocok dengan perubahan zaman. Rumah klasik, Japandi, sampai minimalist dapat dengan mudah memasang pagar dengan aksen lengkungan. Model pagar ini berfokus pada garis vertikal berjajar di bagian bawah sampai atas. Kemudian, alur atas dibuat melengkung dengan kesan yang lebih fleksibel.

3. Pagar Besi Tempa Full Ukiran

 



Model pagar besi tempa dengan material yang lebih tebal dan menggelembung. Jadi, keunggulannya adalah ornamen yang kompleks dan rapat. Model pagar seperti ini bisa membuat tampilan rumah berseni dan juga artistik. Kadang, penghuni rumah meminta ornamen tertentu dalam bentuk pesanan khusus.

4. Pagar Besi Tempa dengan Ornamen Bunga

 




Bentuk bunga besar atau dalam bentuk lempengan adalah ornamen yang umum pada saat itu. Sering kali, pagar besi tempa, memakai motif floral dengan bentuk besar maupun kecil. Model pagar dengan bunga cocok untuk rumah modern bahkan kontemporer sekalipun.

5. Besi Tempa Pagar dengan Aksen Emas




Pagar besi tempa memakai sentuhan lapisan aksen emas memberikan kesan hunian klasik dan mewah. Tambahan warna emas pada pagar biasanya diposisikan pada  bagian tengah pagar agar jadi pusat perhatian.

6. Besi Tempa Pagar ala Istana





Kalau Anda mencari model pagar untuk melengkapi tampilan rumah besar bak istana, bisa pakai model pagar besi tempa yang satu ini. Pilih bentuk pagar besar dan ,megah Selain itu, tambahkan aksen emas untuk memperkuat kesan megahnya.
Model pagar besi tempa yang terinspirasi istana memakai pagar berukuran besar, hiasan penuh yang kaya dengan ukiran. Contohnya adalah pagar di foto yang terlihat menakjubkan dengan kombinasi hitam dan emas.

7. Besi Tempa Pagar Minimalis Klasik


Pagar besi tempa untuk rumah minimalis berpadu pada desain yang sederhana. Model pagar terbuat dari satuan besi tempa tipis tersusun vertikal. Kesan yang diberikan minimalis dan sederhana. Umumnya berbentuk pagar lurus dan minim dekorasi.

8. Pagar Besi Tempa dengan Kombinasi Besi Lempengan

Bukan hanya dari ornamen atau bentuk yang membedakan , model pagar besi tempa .Anda juga bisa dilihat dari kombinasi bahan lainnya. Lempengan besi dapat memenuhi rongga. Kombinasi  memperkuat kesan kokoh dan tahan lama.

9. Pagar Berwarna




pagar dari besi tempa umumnya berwarna hitam. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa memakai warna lain. Biru terang, merah, atau putih bisa jadi pilihan. Warna akan memberikan kesan cerah. Anda jadi perlu lebih sering cat ulang atau lapisi dengan cat anti air agar membuatnya lebih tahan lama.
Jangan ragu mengaplikasikan besi tempa pagar untuk rumah Anda. Materialnya memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah kuat dan bisa bertahan sampai 20 tahun lebih. Model klasik dan bisa berpadu dengan pas bersama beragam model arsitektur. Anda tinggal memilih model yang paling menyatu dengan eksterior rumah.
Perhatikan model, warna dan juga material eksterior lainnya. Cari model pagar yang paling menyatu dengan bahan bangunan dan bahkan interior. Pastikan ada kontinuitas dari semua elemen bangunan. Jadi, cari inspirasi sebanyak mungkin untuk memberi ide, model yang paling sesuai.