Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa Pot Bunga

 Kelebihan, Kekurangan dan Tips Menggunakan Besi Tempa Pot Bunga

 
Biasanya tempat menanam bunga adalah pot atau vas cantik agar menambah unsur estetika untuk sekitar. Namun tahukah Anda ternyata banyak juga kalangan yang lebih memilih pot bunga dari bahan besi tempa? Besi tempa pot bunga ini populer karena memiliki ciri khas tersendiri yang akan membuat tanaman lebih cantik dipandang.
Pastinya Anda sudah mengenal besi tempa sebagai bahan untuk membuat pagar rumah, ‘kan? Nah meskipun besi tempa cenderung dikenal sebagai material bahan bangunan, tapi penggunaannya cukup banyak sehingga tetap cocok dijadikan sebagai pot bunga sekalipun.




Apa itu Besi Tempa?







Perlu Anda ketahui bahwa besi tempa adalah sebuah material besi olahan. Dibandingkan dengan besi cor yang memiliki kandungan karbon hingga 4%, besi tempa hanya memiliki kandungan karbon sekitar 0,08% saja. Hal inilah yang membuat kekuatan dari besi tempa lebih tinggi dari besi cor.
Keberadaan besi tempa semakin populer karena sifatnya yang lunak dan mudah dibentuk sehingga aman dijadikan sebagai besi tempa pot bunga. Tidak hanya sampai disana saja, besi tempa juga memiliki karakteristik lain, yaitu:

  • Memiliki kandungan terak yang membuat besi tempa tampak lebih berserat. Terak tersebut dimasukan dan dicampurkan pada saat proses penempaan berlangsung.
  • Terak juga membuat besi tempa lebih tahan lama dan anti korosi sehingga pot bunga akan awet dan tidak membahayakan tanaman yang ada didalamnya.
  • Umumnya bentuk besi tempa ini berupa batangan, pelat, lembaran, dan pipa.
  •  Besi tempa juga memiliki kandungan pengotor yang sangat rendah bahkan dibawah 5% sehingga membuatnya lebih lunak serta mudah dibentuk menjadi beraneka ragam jenis pot bunga.
  • Terbuat dari besi kasar atau pig iron yang kemudian ditambahkan beberapa senyawa lain seperti karbon, silikon, mangan, dan fosfor.

Dari karakteristik besi tempa di atas, dapat disimpulkan bahwa material pot bunga yang satu ini memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bahan pot lainnya. Karena bahannya yang tidak mudah hancur, tanaman Anda dijamin aman serta menambah nilai estetika.

Kelebihan Menggunakan Besi Tempa Pot Bunga

Meskipun memiliki karakteristik yang kuat, tapi apakah Anda masih ragu kenapa harus menggunakan besi tempa pot bunga? Tidak usah khawatir karena pada ulasan di bawah ini Anda akan mendapatkan jawabannya! Yuk simak apa saja kelebihan menggunakan besi tempa sebagai pot bunga berikut.

1. Kualitas Tingkat Tinggi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa besi tempa termasuk ke dalam bahan yang kuat dan aman. Dengan kualitas tinggi tersebut Anda bisa menanam banyak bunga yang diinginkan dan membiarkannya tumbuh dengan subur.

2. Menambah Kecantikan Sekitar

Uniknya, pot bunga dari bahan besi tempa sangat elegan dan memberikan nilai mewah untuk lingkungan sekitar khususnya bagi rumah Anda. Besi tempa cocok untuk Anda yang senang dengan kesan rustic, menarik, dan juga unik. Pasalnya besi tempa memiliki urat besi alami yang tidak dimiliki oleh bahan pot bunga lain.

3. Memiliki Banyak Bentuk

Karena material besi tempa ini mudah dibentuk, maka Anda pun dapat menemukan banyak varian pot bunga sesuai keinginan. Bentuk-bentuk pot bunga tersebut tentunya menjadi kelebihan tersendiri karena Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan desain rumah atau bahkan membuat pot dengan desain sendiri.

4. Tahan Lama

Berbeda dari pot dengan bahan plastik atau kayu, besi tempa cenderung tahan lama. Bukan tan alasan, besi tempa terbuat dari material kimia khas sehingga tidak mudah terserang rayap. Meskipun demikian, Anda tetap harus merawat pot bunga tersebut dengan baik agar tanaman yang ada didalamnya juga bisa tumbuh subur.

5. Bisa Disimpan Dimana Saja

Fungsi pot bunga sendiri memang untuk melindungi tanaman tapi tetap harus diperhatikan penempatannya. Namun Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan besi tempa pot bunga karena bahan ini aman disimpan dimana saja. Bahkan jika Anda ingin menyimpan pot bunga tersebut di kebun sekalipun tetap efisien.
Nah setelah mengetahui bagaimana kelebihan pot bunga dari bahan besi tempa di atas, apakah kini Anda sudah yakin menggunakannya? Sayangnya pot besi tempa juga memiliki beberapa kekurangan seperti yang akan dibahas selanjutnya.

Kekurangan Menggunakan Besi Tempa Pot Bunga

Kelebihan besi tempa pot bunga memang sangat banyak, tapi Anda juga harus waspada terhadap kemungkinan risiko yang timbul dari penggunaannya. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengetahui apa saja kekurangan menggunakan pot bunga dari bahan besi tempa berikut ini.

1. Harga Relatif Mahal

Tahukah Anda bahwa pot bunga dari besi tempa relatif mahal dibandingkan dari bahan lain pasalnya harga besi tempa sendiri memang sudah mahal. Tentunya harga yang dibayarkan tersebut sesuai dengan kualitas yang akan Anda rasakan dari penggunaan pot bunga tersebut. Dijamin tidak akan menyesal!

2. Tidak Bisa Menahan Tanaman Berat

Ternyata pot bunga dari besi tempa tidak bisa menanam tanaman berat. Besi bisa saja patah saat Anda menanam bunga yang terlalu besar dan melebihi beban. Jangan khawatir karena jika hal tersebut terjadi Anda cukup melakukan pengelasan ulang agar tersambung kembali.

3. Mudah Mengalami Perubahan Warna

Besi tempa pot bunga perlu dicat karena akan mudah mengalami perubahan warna. Bahkan Anda pun harus menyimpan pot bunga tersebut di tempat yang jarang terkena air hujan. Lama kelamaan pot bunga akan terlihat usang saat terlalu sering terkena air hujan.

4. Memiliki Bobot yang Berat

Besi tempa memang terbuat dari besi yang memiliki bobot berat, tidak heran nantinya Anda akan kesusahan memindahkan pot bunganya. Dalam proses pemindahan pot biasanya membutuhkan bantuan dari beberapa orang.
Meskipun memiliki beberapa kekurangan tapi hal tersebut jangan sampai mengurungkan niat Anda untuk menggunakan besi tempa pot bunga. Pasalnya kekurangan tersebut masih tertutupi oleh kelebihan dan kualitas dari besi tempa itu sendiri.

Tips Merawat Besi Tempa Pot Bunga

Bahkan kekurangan dari besi tempa bisa diatasi jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Nah adapun berikut ini merupakan sejumlah tips merawat pot bunga dari besi tempa yang dapat meminimalisir kekurangan dari pot bunga tersebut.
-    Pastikan Anda mengecat pot bunga besi tempa dengan cat yang mengandung water repellent agar air hujan tidak menempel. Jangan lupa juga beri lapisan sealant logam supaya semakin maksimal.
-    Bersihkan pot bunga secara berkala agar debu, tanah, dan kotoran lain tidak menempel pada pot.
-    Pilih media tanam yang sesuai. Biasanya media tersebut terdiri dari pupuk kompos, tanah, dan juga arang sekam dengan komposisi yang pas.
-    Anda harus memilih pot bunga dari bahan besi tempa dengan ukuran yang ideal. Contohnya jika Anda hendak menanam tanaman bunga, maka pilihlah pot dengan diameter 40-60 cm.
Besi tempa menjadi material terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menanam khususnya tanaman hias karena akan memberikan kesan rustic yang khas. Jadi sekarang Anda tidak perlu ragu lagi dan segera beli besi tempa pot bunga pilihan Anda!