Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa untuk Pagar

 Tips Merawat Besi Tempa untuk Pagar dan Cara Mengecat Ulang


Punya pagar besi yang awet dan nampak selalu baru tentu saja membuat penghuninya merasa lebih nyaman. Sebab, eksterior seperti besi tempa untuk pagar yang terawat menambah kelas dan estetika bangunan. Makanya, Anda jangan sampai salah merawatnya.

Bila masih kebingungan bagaimana perawatan pagar besi tempa. Tips merawat pagar besi yang benar sekaligus cara mengecat ulang dari kami bisa dijadikan sebagai panduan untuk menjaga ketahanan dan estetikanya. Anda pasti tidak mau kan, sampai salah dan mengakibatkan cat pada permukaan pagar besi jadi luntur?

Tips Merawat Besi Tempa untuk Pagar agar Awet dan Tetap Estetik







Adapun beberapa tips yang bisa kamu coba untuk perawatan besi tempa sangatlah mudah. Tapi harus Anda pahami dengan baik agar tidak salah langkah. Berikut ini tipsnya:






1. Cat dan Lapisi Permukaan Pagar

Besi tempa memang memiliki sifat anti karat yang tinggi. Tapi untuk semakin memperpanjang umurnya sekaligus meningkatkan estetikanya pagar perlu dilindungi dengan cat. Pilih cat yang bagus kualitasnya dan water repellent agar air hujan tidak menempel pada permukaannya.

Tidak cukup itu saja, Anda harus melapisi pagar besi tempa dengan sealant logam. Anda bisa memilih sealant logam untuk memproteksi pagar dari pengkaratan akibat kelembaban di luar rumah. Selain itu, juga melindunginya dari perubahan warna cat akibat cuaca ekstrem. Sebab, sealant dapat menangkal paparan sinar UV yang dapat memudarkan warna. 







2. Hindari Menanam Tanaman Rambat

Pagar yang dililit tanaman rambat  bisa menambah estetika eksterior ini. Tapi kalau ditata secara rapi dan terkonsep. Berbeda lagi kalau berantakan juga bakal merusak keasrian rumah.

Namun, sayangnya kalau besi tempa untuk pagar dibiarkan tanaman rambat melilitinya akan merusak, terlebih kalau akarnya sampai menempel kuat ke permukaan. Maka sebaiknya dihindari, supaya pagar awet dan stay dengan warnanya.

Walaupun memang ada beberapa tanaman rambat yang aman untuk mempercantik pagar. Hanya saja, juga tetap perlu cara merawat pagar besi yang tepat, tidak dibiarkan begitu saja. Meskipun jangkauannya akan sulit bila sudah dililit tanaman rambat. 























3. Bersihkan Pagar Secara Berkala

Tidak bisa dipungkiri kalau besi tempa pagar pasti akan terkena debu-debu dari jalanan dan halaman rumah. Nah, perlu diketahui kalau kotoran dan debu yang menempel bakal membuat pagar menjadi kusam warnanya.

Makanya, dalam tips perawatan besi tempa untuk pagar Anda butuh membersihkannya secara berkala agar debu dan kotoran tidak menempel pada permukaannya. Jangan sepelekan karena masalah ketahanan pagar besi terhadap karat, kotoran atau air hujan yang menempel terlalu lama pada besi dapat menyebabkan pengkaratan pada beberapa titik tertentu di permukaannya.

Cara Mengecat Ulang Pagar Besi Tempa yang Benar

Selain mengetahui tips merawat pagar besi tempa, Anda juga perlu mengetahui untuk cara pengecatan ulangnya. Sebab, tidak hanya sekedar langsung oles saja untuk menghasilkan ketahanan pada besi. Berikut ini langkah cara yang bisa diterapkan:

1. Bersihkan Karat pada Besi Pagar Rumah

Dalam mengecat ulang besi tempa pada pagar tidak langsung dicat begitu saja. Anda harus memastikan besi pagar rumah siap dioleskan primer dan cat besi. Tentu saja ada caranya Anda harus menggosok area besi yang terlihat berkarat dengan sikat kawat.

Gosok sampai benar-benar bersih dan tidak ada karat sedikitpun yang menempel pada besi tempa untuk pagar. Tapi tidak hanya cukup membersihkan dengan menyikat saja Anda harus melembabkan permukaannya dengan menggunakan mineral spirit atau sejenis tener yang tidak berbau.

Bila Anda menggosokkan mineral ini pada permukaan sangkar besi tempa maka  karat yang tersisa dari gosokan sikat kawat dapat dihilangkan secara menyeluruh. Alhasil akan benar-benar bersih bebas karat sebelum dilakukan pengecatan.

2. Cuci Bersih Pagar Rumah

Besi tempa pagar rumah yang sudah dibersihkan karatnya tentu saja masih menyisakan mineral spiritnya kan? Maka dari itu, langkah berikutnya sebelum langsung ke proses pengecatan Anda perlu menghilangkan zat tersebut pada pagar besi.

Caranya cukup mencuci bersih menggunakan air panas dan jangan lupa di sabun. Penggunaan air panas ini bertujuan supaya zat spirit dan sisa karatnya benar-benar luntur pada besi tempa untuk pagar.

Jika Anda sudah membersihkannya dengan air panas dan sabun, jangan lupa mengelapnya terlebih dahulu. Tapi gunakan lap yang sudah direndam pada air panas juga untuk membersihkannya.

Langkah terakhir dalam proses mencuci pagar ini yaitu menyemprotkan pagar dengan selang udara. Setelah itu, keringkan hingga benar-benar kering dan siap dicat.

3. Mengecat Pagar Rumah

Setelah menghilangkan karat dan mencuci bersih pagar rumah, tentu saja langkah berikutnya masuk pada proses pengecatan. Pastikan Anda memulai dengan menggunakan cat primer sebagai dasar terlebih dahulu untuk melapisi seluruh pagar besi.

Dalam proses pengolesan cat primer ini Anda perlu membiarkannya minimal 1 hari sampai mengering di permukaan besi tempa untuk pagar. Bila sudah dipastikan benar-benar mengering lanjutkan dengan melapisi cat besi pada permukaannya.

Tapi tidak cukup hanya sekali saja setelah lapisan pertama mengering, Anda perlu melapisi kembali dengan lapisan kedua. Tujuannya supaya  awet dan warnanya lebih strong dan tebal, sehingga tidak mudah terkikis oleh air hujan maupun cuaca ekstrem.

4. Bersihkan Noda dan Kotoran yang Menempel

Biasanya dalam proses pengecatan ada yang permukaannya tidak rata. Makanya, setelah proses pengecatan Anda perlu membersihkan noda dan kotoran yang menempel akibat tindakan tersebut.

Di sini Anda bisa memakai kape untuk mengikis kotoran atau noda yang menempel pada permukaan besi tempa untuk pagar tersebut. Bisa juga dengan menggunakan amplas halus dan lap kering agar noda-noda hilang.

Jika memang ada permukaan yang tidak rata bisa juga didempul untuk menyamarkannya. Bila dirasa sudah kering amplas permukaan tersebut , lalu berikan lapisan cat dasar. Tidak sembarangan untuk pemilihan catnya Anda harus menggunakan cat alkali yang cepat mengering.

Dari beberapa tips merawat besi tempa untuk pagar sekaligus cara mengecat ulangnya di atas tentunya harus dilakukan dengan benar langkah-langkahnya terutama dalam proses pengecatan. Tapi sebelum memahami cara mengecat ulang pagar besi Anda tidak kalah penting untuk memahami perawatannya agar lebih hemat untuk terus melakukan pengecatan ulang.

Anda harus memastikan tidak ada tanaman yang merambat pada pagar besi atau debu-debu dan kotoran menempel. Lakukan perawatan ini semaksimal mungkin dan kalau memang diperlukan pengecatan ulang untuk meningkatkan estetikanya jangan sampai salah langkah terutama dalam proses pembuangan karat pagar besi.

Anda pahami dengan betul masalah pembersihan perkaratan sekaligus zat yang perlu digunakan. Selain itu, pemilihan cat primer dan cat besi harus yang betul-betul berkualitas. Anda juga perlu memperhatikan ketebalannya sehingga kami sarankan untuk mengecatnya hingga dua kali.

Bagaimana sekarang Anda sudah tidak bingung lagi kan, untuk perawatan sekaligus cat ulang besi tempa untuk pagar?  Jangan sampai salah ya!