Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Pagar Besi Tempa Pondok Indah

 Tips Merawat Pagar Besi Tempa Pondok Indah

 




Ketika membicarakan sebuah rumah, maka area luar menjadi area yang paling penting karena area tersebut menjadi titik fokus pertama para tamu saat melihat rumah Anda, khususnya pagar rumah. Itulah mengapa Anda harus mengetahui tips merawat pagar besi tempa pondok indah.

Jika tidak terawat, akibatnya bagian dalam dari rumah pun bisa jadi juga tidak terawat. Hal ini mencerminkan karakter yang muncul dari pemiliknya. Jangan sampai orang lain memahami Anda sebagai orang yang memiliki karakter buruk karena rumah yang tidak terawat.

Pagar rumah selain berfungsi sebagai keamanan, juga dapat menambah nilai estetika. Apabila seorang tamu datang ke rumah lantas disambut oleh pagar yang indah dan menarik, tentunya bisa menambah kesan penasaran bagi banyak orang.













Tips Merawat Pagar Besi Tempa Pondok Indah

Berbicara mengenai pagar, ternyata ada beberapa untuk merawat pagar besi tempa. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga selesai.



1. Bersihkan karat pada pagar

Masalah pertama yang banyak dirasakan oleh pemilik pagar besi tempa pondok indah yakni munculnya karat. Karat sudah pasti sangat mengganggu pemandangan dan bisa membuat pagar menjadi cepat rusak.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkan karat tersebut, sehingga pagar bisa terlihat baru dan juga bersih. Membersihkan besi pada karat pada dasarnya tidaklah terlalu sulit. Selama karat yang ada tidak dibiarkan bertahun-tahun.

Untuk membersihkan karat ini bisa dengan menggunakan kain lap dengan tekstur yang kasar. Hal ini dapat memudahkan untuk merontokkan besi. Setelah itu gunakan masker serta sarung tangan, karena seperti yang Anda ketahui jika besi cukup tajam.

Jangan lupa untuk menggunakan tiner agar Anda bisa membersihkan karat lebih mudah dan gosok dengan kuat. 

2. Cat pagar kembali

Tips kedua dalam merawat pagar besi tempa pondok indah  yakni melakukan pengecatan kembali untuk meningkatkan penampilan.

Hal ini perlu dilakukan karena warna pagar mudah pudar sehingga bisa lebih rapuh. Penyebabnya pun bermacam-macam misalkan hujan atau cuaca yang tidak menentu.

Selain itu, pagar besi yang berkarat dengan cepat biasanya karena tidak adanya lapisan pagar yang anti karat.

Itulah mengapa banyak orang yang kemudian memutuskan untuk melakukan pengecatan kembali agar pagar bisa terlihat lebih cantik dan juga bersih.

Namun cara lain yang bisa Anda tempuh yakni fotokatalisis. Proses pengerjaannya mendapatkan bantuan dari cahaya di mana bisa berasal dari sumber spektrum cahaya matahari, UV, dan sebagainya.

Teknologi satu ini bisa diaplikasikan untuk melapisi pagar anti karat pada besi dengan cara membuat larutan katalis. Katalis sendiri merupakan senyawa yang bisa membantu senyawa atau bereaksi dengan senyawa lain hingga lingkungan.

Adapun katalis yang kerap digunakan yaitu Titanium Dioksida. Bahan ini cukup ramah di kantong, mudah dicari serta ramah lingkungan.

Untuk cara pembuatannya, Anda bisa mencampurkan Titanium Dioksida yang berbentuk serbuk putih dengan air, kemudian melalui beberapa proses di laboratorium dan berubah menjadi larutan yang berwarna putih susu di mana akan melapisi besi nantinya.

Terakhir tentunya keunggulan lainnya yakni menjadi lapisan anti karat untuk pagar besi. Cara pelapisannya yakni mengoleskannya ke besi kemudian dikeringkan dengan suhu tinggi agar katalis bisa menempel.

Melapisi katalis pada besi akan membuat besi tidak mudah berkarat jika dibandingkan dengan besi yang tidak dilapisi.

3. Manfaat air panas

Tips merawat pagar besi tempa pondok indah selanjutnya yakni memanfaatkan air panas untuk membersihkan air yang kotor dan bernoda.

Jika Anda memiliki pagar besi yang berwarna-warni dan tidak mungkin untuk dicat kembali karena cukup sulit. Hal ini biasanya diakali oleh sebagian orang dengan memanfaatkan air panas. Tidak sedikit pagar yang bisa terlihat bagus kembali karena air panas.

Oleh karena itu, saat pagar rusak atau cat mulai terkelupas Anda bisa menuangkan air hangat ke dalam ember kemudian celupkan lap serta tambahkan sabun pada permukaan lapisan.

Kemudian gosok seluruh bagian pagar besi rumah. Lalu air yang masih tersisa di dalam ember bisa Anda siramkan pada pagar. Barulah keesokan harinya cat yang rusak dan luntur akan terkelupas. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk melakukan pengecatan kembali.











4. Pilih cat yang berkualitas

Langkah keempat dalam merawat pagar besi tempa pondok indah yakni memilih cat berkualitas dan juga sesuai. Pagar besi tempa dapat kembali bersih serta terawat jika Anda memilih cat yang berkualitas.

Selain itu, Anda dapat menggunakan produk yang bisa membuat karat pada besi tidak muncul kembali.

Pengecatan pagar besi tidak hanya bertujuan mencegah air, kelembaban dan udara langsung mengenai permukaan pagar besi. Bahkan pengecatan sendiri tidak dapat dilakukan hanya sekali saja.

Artinya jika terdapat cat yang mengelupas, maka Anda harus segera menutup kembali dengan cat yang baru agar pagar tidak berkarat dan menyebar ke bagian lain.




























Cara Membersihkan Pagar Besi Tempa Pondok Indah

Apabila Anda berencana untuk mewarnai pagar kembali maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan pagar besi, baik secara manual atau melalui penyemprot bertekanan tinggi.

# Cara manual

a.    Cara pertama bersihkan cat yang telah mengelupas menggunakan scraper cat
b.    Langkah kedua pastikan ANda telah membersihkan semua sisa cat
c.    Selanjutnya gunakan sikat kawat agar bisa membersihkan cat yang telah terkelupas agar lebih mudah membersihkan celah-celah kecil
d.    Jika cat sebelumnya telah bersih, maka Anda dapat memanfaatkan amplas untuk menghilangkan karat dari permukaan besi tempa
e.    Lalu Anda mulai bisa membersihkan seluruh bagian dengan menggunakan air untuk menghilangkan sisa cat beserta debu




# Penyemprotan bertekanan tinggi

Untuk proses penyemprotan dengan tekanan tinggi di sini dapat menjadi pilihan alternatif apabila cat pada potongan besi mengelupas dalam jumlah yang tidak sedikit. Misalkan bagian yang terkelupas yakni pada bagian ornamen yang mendetail.

Maka dengan penyemprotan bertekanan tinggi ini dapat membuat cat menjadi terkelupas dengan mudah. Sehingga akan memudahkan untuk membersihkan area yang sulit dicapai jika dilakukan secara manual.



Merawat pagar besi tempa dapat Anda lakukan secara rutin agar pagar besi bisa terbebas dari karat. Anda bisa mengikuti tips merawat pagar besi tempa pondok indah  di atas serta cara membersihkan pagar besi sesuai dengan urutan atau langkah yang telah dibahas.

Hal ini sangat penting agar keindahan dan daya tahan pagar besi Anda bisa dapat tetap terjaga meskipun dalam kurun waktu yang lama.

Jangan lupa pula melapisi pagar besi Anda. Dalam hal ini tidak hanya untuk menghindari air hujan saja, tapi juga melindungi agar besi tempa bisa mengatasi air hujan dan masalah cuaca yang kerap tidak menentu.

Selain cara di atas, Anda juga bisa melapisi pagar besi Anda dengan minyak agar air hujan tidak menempel terlalu lama pada pagar besi. Pastikan pula tidak terdapat lubang pada pagar besi, karena lubang pada pagar besi bisa menjadi tempat menampung air yang nantinya bisa memicu munculnya karat.

Apabila lubang terlanjur muncul, solusinya yakni segera menutup lubang tersebut menggunakan dempul. Namun, apabila lubang pada pagar besi tempa pondok indah cukup besar sebaiknya Anda menutupnya menggunakan besi dengan cara dilas.