Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Pintu Besi Tempa Pasar Minggu

 Kenali Pintu Besi Tempa Pasar Minggu dan Kelebihannya


Pintu besi tempa pasar minggu masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Meskipun zaman sekarang kebanyakan perumahan baru, khususnya yang berada dalam cluster terbatas tidak lagi menggunakan pintu besi. Akan tetapi, sebagian orang justru masih nyaman tinggal di rumah dengan pintu besi tempa.





Pintu besi sendiri dapat dikatakan sebagai elemen paling depan dari sebuah hunian, sehingga kerap disebut sebagai perwakilan image bagi penghuni di dalamnya. Karena hal inilah, hunian Anda yang menggunakan pintu besi tempa wajib dipelihara kerapian dan kebersihannya.



Meskipun ada begitu banyak jenis pintu, tapi dari berbagai jenis yang ada material besi menjadi yang paling populer digunakan untuk hunian masyarakat Indonesia. Sayangnya perawatannya cenderung lebih sulit.


Mengenal Pintu Besi Tempa Pasar Minggu

Besi tempa atau yang dikenal juga dengan wrought Iron merupakan besi dalam yang dibentuk dengan cara dipukul-pukul dan dibengkokkan setelah dipanaskan di dalam tungku. Hal ini dilakukan agar memudahkan dalam mendesain besi tersebut.

Setelah memilih rancangan atau desain pintu, maka selanjutnya besi akan dibentuk sesuai desain. Di era modern sekarang tidak semua item pada pintu menggunakan besi tapi juga menggunakan ornamen besi tempa alferon.



Ornamen alferon merupakan bahan utama dan bisa pula menjadi bahan pendukung untuk membuat pintu, gerbang atau pagar besi tempa.

Untuk pembuatan ornamen besi tempa ini dapat dilakukan dengan membuat ukiran di material kayu terlebih dahulu, lalu dibuat cetakan untuk pengecoran logam aluminium. Kreativitas pengukir akan menjadi kunci bagus atau tidaknya desain.


Karena pintu terletak di bagian luar rumah, area depan yang termasuk area umum yang dilihat orang luar. Pintu pastinya haruslah terbuat dari sesuatu yang kuat dan tahan lama.

Namun, selain itu tampilan serta desainnya juga harus menarik, apabila dilihat dari estetika desainnya harus sesuai dengan konsep rumah Anda.

Kelebihan Pintu Besi Tempa Pasar Minggu

Pintu besi tempa memiliki banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan jenis pintu lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan pintu besi tempa

1. Abadi




Pintu besi tempa dapat bertahan seiring berjalannya waktu karena dibuat dari besi yang berkualitas besi solid. Hampir sama dengan pintu bangunan klasik di luar negeri yang juga menggunakan besi tempa, walaupun sudah puluhan tahun bahkan ada pula yang mencapai ratusan tahun tapi tetap berdiri kokoh.

Hal tersebut juga tidak lepas dari perawatan yang dilakukan oleh penghuninya. Termasuk pembersihan dan pengecatan ulang. Semakin lama suatu pintu maka akan semakin terlihat klasik dan vintage, hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang hanya dimiliki oleh besi tempa.

Jadi, apabila Anda menyukai sesuatu yang bergaya klasik, antik atau vintage maka pintu ini sangat cocok untuk Anda.

2. Tahan lama


























Material besi tempa yang dipilih untuk pintu, pagar atau gerbang merupakan material dengan daya tahan terbaik apabila dibandingkan dengan jenis material lainnya.

Bukan rahasia lagi jika daya tahan menjadi faktor yang sangat penting karena rumah ditinggali bukan hanya untuk jangka waktu satu atau dua tahun saja. Tapi untuk puluhan tahun bahkan ratusan tahun di mana bisa diwariskan kepada anak cucu nantinya.

Dengan memilih pintu besi tempa pasar minggu maka Anda sedang berinvestasi jangka panjang, karena pintu ini akan tahan terhadap cuaca ekstrem seperti di Indonesia.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena kerusakan dan mengganti pagar, sebab pintu besi tempa dijamin awet dan tahan lama.

3. Desain mewah

Salah satu keunggulan besi tempa apabila dibandingkan dengan material lainnya yakni desainnya yang mewah, rumah klasik modern sendiri lebih banyak memilih menggunakan besi tempa karena dapat dipadukan dengan banyak konsep desain.

Rumah klasik mewah yang bak istana tidak cocok apabila menggunakan pintu stainless dengan gaya minimalis. Oleh karena itu solusi terbaiknya yakni menggunakan pintu besi tempa ini.

Adapun untuk pilihan desain ada begitu banyak, mulai dari mewah, menawan dan indah, serta bisa menambahkan nilai seni dan kemewahan di rumah Anda.

4. Keamanan

Jika menggunakan pintu besi tempa pasar minggu tentunya keamanan Anda bersama dengan keluarga jauh lebih terjamin. Hal ini disebabkan oleh kondisi besi tempa yang memang dikenal sebagai material kuat.

Pintu besi tempa bisa Anda desain dengan keamanan lebih, jika Anda ingin mendapatkan keamanan lebih maka tidak ada salahnya untuk menambahkan tombak pada bagian atas pagar besi tempa sekaligus.

Meskipun pintu besi tempa dijamin kuat, tapi menggunakan tombak pada pagar depan rumah akan menghalau penyusup atau pencuri yang memanjat lewat pagar.

Menggunakan teralis dan pintu besi klasik akan membuat rumah terjamin keamanannya. Anda pun tidak harus merasa khawatir apabila sedang tidak ada di rumah.

5. Anti hama

Masalah yang banyak dialami oleh orang dulu hingga sekarang saat menggunakan pintu kayu adalah serangan hama, misalkan rayap yang bisa membuat pagar menjadi lapuk dan tidak kokoh lagi.

Akan tetapi, sekarang Anda bisa lebih tenang karena besi tempa merupakan salah satu material terbaik yang anti hama. Artinya tidak ada yang bisa menggerogoti pintu besi tempa pondok indah ini.

6. Sulit dijangkau hewan

Tidak sedikit hewan yang kerap masuk ke dalam rumah. Hal ini pastinya tidak nyaman dan kadang berbahaya bagi keselamatan Anda dengan keluarga.

Selain bisa mendatangkan penyakit, sebagian hewan bisa membuat sarang dan berkembang biak di dalam rumah sehingga akan lebih sulit untuk mengusirnya.

Pintu besi tempa yang didesain khusus akan membuat hewan sulit masuk ke dalam rumah secara bebas.

Namun, perhatikan pula bagian sela pintu, saat terkunci apakah terdapat celah yang bisa dimasuki hewan atau serangga.

Jika Anda mempunyai anak kecil yang kerap lupa untuk menutup pintu, ada baiknya untuk mengatur agar pintu dapat tertutup secara otomatis setelah dibuka.

Selain itu, agar pintu bisa tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, pastikan agar pintu besi tempa Anda terlindungi dari air hujan. Air hujan bisa membuat pintu besi menjadi berkarat. Oleh karena itu Anda bisa melapisinya dengan minyak agar air hujan tidak akan menempel terlalu lama pada pintu.

Anda juga harus memastikan jika tidak terdapat lubang pada pintu besi tempa, karena lubang sendiri bisa menjadi tempat penampungan air yang menjadi pemicu timbulnya karat pada pintu besi.

Selanjutnya lakukan pengecatan secara rutin agar pintu bisa tetap kokoh. Khususnya apabila sudah terdapat cat yang mengelupas. Jangan biarkan terlalu lama apabila cat telah mengelupas. Pengecatan ini juga bisa mencegah karat menyebar ke bagian lain.

Tips ketiga yakni bersihkanlah pintu secara rutin. Pintu juga membutuhkan perawatan khusus. Anda harus membersihkannya secara rutin dengan menggunakan lap atau kanebo.

Apabila terdapat noda yang cukup banyak dan Anda tidak segera membersihkannya, maka akan memicu timbulnya karat pada pintu besi tempa pasar minggu milik Anda.