Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Spesialis Besi Tempa Pondok Indah

 Apa Saja Keunggulan Memilih Spesialis Besi Tempa Pondok Indah?

 


Anda tinggal di kawasan Pondok Indah dan sedang melakukan pembangunan rumah? Apakah Anda sekarang ini sedang mencari spesialis besi tempa Pondok Indah untuk kebutuhan konstruksi maupun dekorasi? Besi adalah salah satu material yang sangat vital ketika mendirikan bangunan.
Namun sekarang ini besi juga biasa dipakai sebagai aksesoris untuk menjadikan tampilan rumah menjadi lebih indah dan fungsional. Namun kebutuhan besi untuk aksesoris ini bukanlah dalam bentuk besi batangan seperti material konstruksi. Akan tetapi besi sudah mengalami modifikasi sedemikian rupa ke dalam bentuk motif maupun ukuran. 






Besi dengan tekstur dan tampilan yang unik ini biasa disebut dengan besi tempa (wrought iron). Sesuai dengan namanya, bahan ini dibuat spesialis besi tempa Pondok Indah dengan melalui proses penempatan. Proses tersebut tidak melalui tahap peleburan seperti pada besi kebanyakan. Untuk lebih jelasnya perhatikan, penjelasan berikut. 















Mengenal Besi Tempa

Besi tempa merupakan salah satu jenis besi yang sudah mengalami tahap pengolahan. Jenis besi ini memiliki kandungan karbon rendah di bawah 0,08%. Tentu saja kandungan ini berbeda dari besi cor yang mengandung karbon hingga 4%. Dengan kandungan karbon yang cenderung rendah, hal ini membuat besi tempa memiliki kekuatan yang sangat tinggi. 


Terlebih bila dibandingkan dengan besi cor. Sekarang ini besi tempa sangat populer dan umum digunakan. Hal ini karena karakteristiknya yang lebih lunak serta mudah dibentuk ketika masih panas. Di bawah ini ada beberapa karakteristik besi tempa.





1. Berasal dari besi kasar (Pig Iron) yang dalam pembuatannya menambahkan beberapa senyawa lain, meliputi zat fosfor, silikon, mangan, dan juga karbon.




2. Besi tempa memiliki kandungan pengotor yang rendah, yaitu di bawah 5% yang membuatnya bertekstur lunak dan mudah ketika dibentuk.

3. Dalam proses penempaan,  bahan dimasukkan dan dicampur dengan terak yang membuatnya memiliki struktur berserat. 


4. Besi tempa memiliki kandungan terak yang memberikan sifat tahan terhadap korosi.
5. Bentuk umum dari besi tempa adalah berupa lembaran, pelat, batangan, dan juga pipa.
6. Besi tempa dapat diganti warna.
Spesialis besi tempa Pondok Indah menawarkan motif yang sangat bervariatif. Anda dapat membentuknya ke dalam bentuk apapun yang suka. Misalnya dengan motif Eropa, Cina, Timur Tengah atau motif lokal sekalipun. Di jaman dulu, besi tempa dengan motif daun seringkali dibuat dari bahan berupa plat besi tipis.
Sekarang ini, sudah banyak yang membuatnya dengan kombinasi antara campuran besi dan juga aluminium. Penggunaan campuran bahan ini membuat motif daunnya menjadi terlihat lebih lebar dan juga tebal. Hal ini membuat besi tempa memiliki tekstur yang sangat kokoh, kuat serta terkesan mewah.




















Kegunaan dari Besi Tempa




Setelah Anda tahu mengenai karakteristik besi tempa, ketahui pula apa saja kegunaannya. Perlu Anda tahu, bahwa besi tempa adalah suatu logam solid. Sehingga bahan tersebut bisa ditempa untuk dijadikan beragam aksesoris atau dekorasi pelengkap rumah. 




Bahan ini dapat dibuat ke dalam beragam motif, seperti motif pohon, bunga, rumput, dan ranting. Ada juga motif hewan, seperti burung, kupu-kupu, kijang, ular naga, dan sebagainya. Banyak pemilik rumah menggunakan besi tempa, khususnya bagi mereka yang mengusung konsep back to nature atau kembali ke alam. 


Biasanya besi tempa akan diterapkan dalam penggunaan sebagai bahan pagar, tangga, pintu gerbang, teralis, dan lain sebagainya. Detail terhadap penggunaannya bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

1. Pembuatan Pipa

Sifat dari besi tempa adalah memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi atau juga disebut dengan bebas karat. Hal ini memungkinkan bahan tersebut biasa dipakai dalam pembuatan pipa air. Bahkan beberapa perusahaan juga biasa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat pipa uap. Penggunaan bahan tersebut juga dikarenakan bahannya yang mudah dibentuk. 

2. Pembuatan Baut

Kegunaan selanjutnya adalah sebagai bahan untuk pembuatan baut ke dalam berbagai ukuran dan fungsi. Sifat bahan yang mudah dibentuk membuat besi tempa lebih gampang untuk dibuat dalam ukuran kecil. Selain itu dengan sifatnya yang cenderung kuat, bahan tersebut cocok dipakai untuk menyatukan benda.






3. Paku Keling

Besi tempa juga dapat dipakai sebagai bahan untuk membuat paku keling. Paku keling itu sendiri adalah sebuah jenis paku yang memiliki kepala dan batang. Kegunaan dari paku ini adalah sebagai media untuk menyambung pelat besi dengan cara di keling.

4. Tali Pengikat

Tali pengikat bisa dibuat dari besi yang ditempa. Jenis tali ini biasanya digunakan untuk kebutuhan perkapalan.

5. Rangka Atap

Besi tempa memiliki sifat yang tahan terhadap korosi, mudah dibentuk, serta memiliki bahan yang cenderung kuat. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai kerangka atap bangunan. Terlebih lagi bila atap tersebut dibuat dari material kayu supaya tidak gampang rusak atau roboh.


6. Tapal Kuda

Pada jaman dulu, kapal kuda sudah sangat umum dikenal dibuat dari besi yang ditempa. Hanya saja, sekarang ini pembuatan tapal kuda dengan cara tersebut sudah cukup langka. Mengingat hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakannya. 





7. Pagar

Besi tempa juga banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pagar rumah maupun bangunan lain. Hal ini berkat sifat bahan yang cenderung, tahan terhadap korosi dan mudah untuk dibentuk. 



8. Teralis

Apabila Anda ingin membuat teralis, menggunakan bahan dari besi tempa juga sangat cocok. Besi tempa ini dapat dipasang pada teralis jendela untuk kebutuhan hiasan (dekoratif) dan juga pengaman rumah. Teralis dari besi cenderung membuat tampilannya tidak ramah. Oleh karena itulah digunakan besi yang ditempa untuk memunculkan nilai seni pada teralis tersebut. 






Percayakan Kebutuhan Anda pada Spesialis Besi Tempa Pondok Indah!

Di masa yang serba canggih seperti sekarang, Anda tidak akan lagi kesulitan mencari jasa besi tempa yang profesional. Bahkan pemesanannya juga sangat mudah dan bisa Anda lakukan hanya dari rumah via online. Namun perlu Anda perhatikan, yakni untuk selalu berhati-hati dalam memilih jasa besi tempa.
Jasa pembuatan besi tempa yang terpercaya pasti memberikan pelayanan dengan jaminan kualitas yang terbaik. Layanan lengkap spesialis besi tempa Pondok Indah juga tersedia untuk Anda, seperti pembuatan teralis jendela, teralis pintu, pagar balkon, rangka atap, pagar rumah, serta berbagai dekorasi lain dari besi tempa.
Beragam bentuk motif dari besi tempa juga tersedia sesuai yang Anda inginkan, seperti motif bunga, daun hingga binatang. Tentu saja hal ini akan memenuhi semua kebutuhan dekorasi sesuai desain dan konsep rumah Anda. Ketika menggunakan jasanya, pelanggan juga akan mendapatkan jaminan garansi sebagai bentuk tanggung jawab.
Sehingga ketika hasilnya nanti tidak sesuai dengan kesepakatan atau terjadi kerusakan di kemudian hari selama masa garansi, pelanggan akan mendapatkan layanan perbaikan. Jadi pastikan Anda untuk tidak salah pilih jasa besi tempa terpercaya. Dapatkan kualitas dan desain terbaik dengan harga terjangkau hanya di spesialis besi tempa Pondok Indah.