Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

Pagar besi tempa


Pagar besi tempa bukan hanya efektif untuk meningkatkan keamanan saja tetapi juga memberikan kesan estetik dan mewah pada hunian sehingga terlihat menarik.

Pagar Besi Tempa: Fungsi, Keunggulan, dan Jenis Desainnya


Pagar besi tempa menjadi salah satu pelengkap hunian yang memiliki fungsi penting sekaligus memberikan sentuhan estetik yang menawan. Tidak heran jika, penggunaan pagar berbahan besi tempa cukup difavoritkan dan disukai banyak orang.

Seperti yang diketahui, dalam sebuah hunian diperlukan berbagai elemen untuk menyempurnakan fungsi hunian itu sendiri sebagai tempat tinggal yang nyaman. Salah satunya adalah pagar yang dijadikan sebagai pembatas antara satu rumah dengan rumah lainnya atau jalan raya.

Selain itu tentu banyak fungsi lainnya yang akan membuat hunian Anda semakin aman dan bernilai jual tinggi. Untuk mengenal lebih jauh tentang pagar besi berbahan besi tempa, fungsi, keunggulan serta jenisnya, silakan ikuti informasi berikut.

Apa yang Dimaksud Pagar Besi Tempa?

Mungkin masih ada yang belum begitu familiar dengan besi tempa meskipun sering menjumpainya di sekitar rumah. Sesuai namanya, pagar jenis ini menggunakan material berupa besi tempa yang tentunya memiliki banyak keunggulan.

Besi tempa sendiri merupakan material yang karakteristiknya cukup kuat karena terbuat dari campuran besi dengan kandungan karbon yang rendah. Kandungan karbon yang sangat rendah ini membedakan jenis besi tempa dengan besi cor yang kandungan karbonnya lebih tinggi.

Sebagai gambaran, pada besi tempa kandungan karbonnya tidak lebih dari 0,08% sedangkan pada besi cor kandungan karbonnya antara 2,1% hingga 4%. Dengan kandungan karbon yang rendah, besi tempa memiliki karakteristik yang mudah ditempa, mudah dilas, kuat, dan tahan korosi.

Berdasarkan pengertian tentang besi tempa, maka bisa dikatakan kalau pagar ini merupakan jenis pagar yang terbuat dari bahan besi tempa. Penggunaan besi tempa untuk pembuatan pagar rumah mampu memberikan nilai estetik sekaligus memberikan keamanan lebih karena karakteristiknya yang kuat.

Bukan hanya itu saja, pagar berbahan besi tempa juga tersedia dalam berbagai model dan ukuran sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan pagar yang sesuai. Seperti di www.lamhar.com yang menyediakan jasa pembuatan pagar dengan bahan besi tempa berkualitas.
Sekilas tentang Proses Pembuatan Pagar Besi Tempa

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja fungsi serta keunggulannya, tidak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana proses pembuatan pagar tersebut. Sehingga akan memberikan pemahaman yang lebih baik terkait pagar yang dibuat dari besi tempa. Berikut adalah prosesnya:

Pembuatan Desain Sesuai Contoh


Langkah pertama yang dilakukan dalam pembuatan pagar berbahan besi tempa adalah membuat desain pagar sesuai contoh yang diinginkan. Dalam hal ini Anda bisa memilih desain yang akan diterapkan dengan memberikan contoh desain, baik yang berupa gambar atau foto.

Namun bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan desain yang diinginkan dan tidak memiliki contoh gambarnya bisa meminta contoh gambar desain dari penyedia jasa pembuatan pagar. Nantinya akan diperlihatkan berbagai jenis desain yang sudah ada untuk dijadikan pilihan.

Selain memilih desain dari gambar yang sudah disediakan jasa besi tempa, Anda juga bisa meminta pihak jasa untuk membuatkan desain yang diinginkan sesuai imajinasi. Cara ini tentu akan lebih memuaskan jika tidak ada contoh desain yang sesuai keinginan Anda.

Pengukuran dan Menyiapkan Besi Tempa

Jika desain gambar pagar besi tempa sudah selesai, maka proses selanjutnya adalah melakukan pengukuran dan menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Tentunya proses pembuatan akan lebih cepat jika sebelumnya Anda sudah menentukan ukuran pagar yang dibutuhkan untuk halaman rumah Anda.

Meski begitu, bagi Anda yang belum mengetahui ukuran pagar yang akan dipasang tidak perlu khawatir. Karena penyedia jasa pembuatan pagar akan memberikan layanan pengukuran ke rumah Anda sehingga bisa dilakukan pengukuran secara tepat.

Pengukuran tersebut harus dilakukan secara teliti dan tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembuatan maupun pemasangan pagar ketika sudah jadi. Jika ukurannya sudah tepat, maka dari pihak jasa besi tempa akan menyiapkan besi tempa sesuai dengan ukuran yang dipesan.

Pemotongan dan Penyambungan Besi Tempa

Proses berikutnya adalah pemotongan dan penyambungan besi tempa sesuai dengan desain yang sudah dipesan sebelumnya. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup bervariasi, tergantung tingkat kerumitan desain pagar. Semakin rumit desain pagarnya, akan membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Meski begitu, penyedia jasa pembuatan pagar yang sudah berpengalaman akan bekerja secara profesional sehingga waktu pengerjaannya bisa tepat waktu sesuai rencana. Keunggulan inilah yang akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa pembuatan pagar besi tempa dari www.lamhar.com.

Pengecatan Pagar

Setelah proses pemotongan dan penyambungan besi dengan ditempa sesuai desain yang dipesan, maka proses selanjutnya adalah pengecatan pagar. Pagar yang sudah jadi akan dicat sesuai dengan warna yang diinginkan pelanggan, bisa dengan satu warna atau kombinasi warna yang berbeda.

Proses pengecatan pagar bertujuan untuk melindungi besi tempa agar tidak mudah berkarat serta mempercantik tampilannya. Karena biasanya pada bagian sambungan pagar yang ditempa cenderung lebih mudah berkarat sehingga perlu diantisipasi dengan menggunakan cat dan lapisan anti karat.

Pemasangan Pagar

Proses terakhir adalah pemasangan pagar di halaman rumah Anda yang akan dilakukan secara profesional oleh tim dari penyedia jasa pembuatan pagar. Dalam hal ini, penyedia jasa akan langsung mengantarkan pagar ke rumah Anda dan melanjutkannya dengan proses pemasangan.

Sebaiknya Anda sudah mengetahui kapan waktu pemasangan pagar tersebut agar bisa menunggu selama proses pemasangan sampai selesai. Namun sebelumnya, Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap pagar yang akan dipasang untuk memastikan kualitas serta desain pagar.

Dengan tenaga yang profesional dan berpengalaman di bidang pemasangan pagar, waktu yang dibutuhkan biasanya tidak sampai satu hari. Meski begitu, proses pemasangan juga tergantung dari model pagar yang akan dipasang, apakah model pagar dengan pintu dorong, pintu geser atau pintu lipat.
Mengenal Fungsi Pagar Besi Tempa untuk Hunian

Sebelumnya sudah disinggung mengenai penggunaan pagar berbahan besi tempa yang bisa memberikan manfaat keamanan sekaligus menambah nilai estetik rumah sehingga terlihat lebih cantik. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa fungsi pagar dari material besi tempa:

· Memberikan Perlindungan dan Keamanan yang Maksimal


Salah satu fungsi pagar yang utama adalah memberikan perlindungan dan keamanan bagi penghuni rumah sehingga bisa menjalani aktivitas dengan nyaman. Dengan menggunakan material besi tempa, pagar rumah Anda mampu memberikan perlindungan dan keamanan yang lebih maksimal.

Karena seperti penjelasan sebelumnya, material besi tempa memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh sehingga tidak mudah dirusak atau diterobos. Dengan begitu maka penggunaan pagar berbahan besi tempa akan mencegah terjadinya aksi kejahatan seperti pencurian atau bahkan perampokan.

Pagar yang kuat dan kokoh tentunya akan lebih sulit untuk ditembus oknum pelaku kejahatan yang hendak melakukan aksinya. Dan sebagai langkah antisipasi agar lebih aman, Anda bisa menambahkan ornamen tombak di ujung pagar sehingga akan memberikan perlindungan yang maksimal.

· Menjadi Pembatas Hunian dari Tetangga dan Jalan Raya

Fungsi lain dari pagar besi tempa adalah sebagai pembatas hunian, baik dari jalan raya maupun dari rumah tetangga. Dengan menggunakan pagar yang kokoh dan kuat, maka hal itu akan memberikan batas yang jelas antara rumah Anda dengan rumah tetangga.

Selain itu, pagar berbahan besi tempa yang kokoh juga sangat efektif sebagai pembatas antara halaman rumah dengan jalan raya. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya, penggunaan pagar sebagai pembatas akan memberikan perlindungan lebih sehingga aman dari lalu lintas pengendara di jalan.

· Menjaga Privasi dari Orang Luar

Fungsi berikutnya adalah untuk menjaga privasi penghuni rumah dari orang luar. Bagi Anda yang lebih suka menghabiskan waktu santai di teras rumah dengan membaca buku atau berkebun di halaman rumah, tentu akan lebih nyaman jika ada pagar yang membatasi dari lingkungan luar rumah.

Dengan menggunakan pagar berbahan besi tempa yang berkualitas dari www.lamhar.com maka privasi Anda dan keluarga akan semakin terjaga. Anda pun bisa lebih bebas dan leluasa dalam melakukan berbagai aktivitas, baik di teras maupun di halaman rumah.

Adanya pagar berbahan besi tempa yang sudah dipasang dengan kuat akan memberikan perlindungan tersendiri sehingga tidak sembarang orang bisa masuk ke area rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa semakin nyaman ketika melakukan aktivitas di rumah.

· Meminimalisir Kebisingan

Lamhar pagar besi tempa memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh. Bukan hanya itu saja, materialnya juga cukup efektif untuk meminimalisir dan meredam kebisingan. Jika lokasi rumah Anda berada di pinggir jalan raya, tentunya setiap hari harus mendengar lalu lintas pengendara jalan yang cukup bising.

Pagar dengan material besi tempa merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin merasakan kenyamanan selama berada di rumah, meskipun lokasinya berada di pinggir jalan. Pasalnya keberadaan pagar tersebut akan membantu meredam dan meminimalisir kebisingan sehingga kondisi rumah tetap nyaman.

·  Menciptakan Tampilan yang lebih Mewah dan Elegan

Pernahkan Anda melihat rumah dengan pagar berbahan besi tempa yang sangat indah? Tentunya Anda akan merasa terkesima karena keberadaan pagar tersebut mampu memberikan kesan yang terlihat mewah dan elegan pada bangunan rumah.

Karena biasanya pagar yang menggunakan material besi tempa memiliki model atau desain yang sangat indah, seperti ukiran dengan warnanya yang mewah. Tidak sedikit yang memadukannya dengan warna gold sehingga bangunan rumah terlihat semakin mewah dan berkelas.

Jadi bagi Anda yang menginginkan hunian dengan kesan mahal, tidak ada salahnya memilih pagar besi tempa untuk kebutuhan eksterior rumah. Apalagi pagar dengan model klasik dari www.lamhar.com tersedia dalam berbagai desain sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep hunian.

· Memberikan Sentuhan Estetik pada Hunian

Pemilihan pagar berbahan besi tempa yang didesain dengan gaya klasik yang mewah mampu memberikan sentuhan estetik pada hunian Anda. Desain klasik sendiri biasanya didominasi dengan motif ukiran atau lekukan yang indah sehingga semakin mempercantik eksterior rumah.

Motif ukiran yang indah pada pagar rumah besi tempa juga sering dipadukan dengan motif bunga atau daun yang membuat tampilannya semakin cantik. Jangan heran jika kemudian pagar rumah Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan deretan rumah di sekitarnya karena kesan estetik yang begitu indah.

· Meningkatkan Nilai Jual Hunian

Pada dasarnya fungsi pagar berbahan besi tempa adalah memberikan perlindungan dan keamanan secara maksimal bagi penghuni rumah, karena dari segi materialnya yang sangat kuat dan kokoh. Namun tahukah Anda jika penggunaan pagar klasik besi tempa juga mampu meningkatkan nilai jual hunian?

Hal itu sangat mungkin terjadi karena bagaimanapun juga rumah yang dilengkapi dengan pagar akan dianggap lebih aman dibandingkan rumah yang tanpa pagar. Selain itu, desain pagar yang indah dengan material yang berkualitas akan membuat rumah terlihat lebih berkelas dan mahal.

Jadi jangan heran jika harga rumah dengan pagar klasik besi tempa akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang tidak dilengkapi pagar berbahan besi tempa. Itulah mengapa, menggunakan pagar tersebut bisa dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan nilai jual hunian.
Keunggulan Menggunakan Pagar Besi Tempa untuk Hunian

Tidak dipungkiri jika penggunaan material besi tempa untuk pagar menjadi salah satu yang difavoritkan oleh masyarakat karena dianggap memiliki banyak keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain adalah:

·  Mampu Memberikan Perlindungan Lebih

Sesuai dengan fungsinya, pagar dengan material besi tempa mampu memberikan perlindungan lebih bagi pemilik rumah. Mengapa bisa demikian? Karena karakteristik besi tempa sendiri sangat kuat dan kokoh sehingga tidak mudah diterobos atau dirusak.

Dengan melengkapi hunian menggunakan pagar yang kuat berbahan besi tempa, maka hal itu akan mengurangi dan bahkan mencegah terjadinya aksi kejahatan di rumah Anda. Akan lebih optimal jika Anda memesan pagar dalam ukuran dan desain yang tepat serta dilengkapi ornamen tombak di ujungnya.

·  Mampu Meningkatkan Kenyamanan

Selain memberikan perlindungan dan keamanan yang lebih maksimal, penggunaan pagar berbahan besi tempa juga mampu meningkatkan kenyamanan Anda bersama keluarga. Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu fungsi pagar adalah membantu menjaga privasi sehingga tidak mudah diamati oleh orang luar.

Bukan hanya itu saja, penggunaan bahan besi tempa pada pagar rumah juga efektif untuk meredam kebisingan yang berasal dari luar seperti lalu lintas pengguna jalan. Dengan begitu Anda bisa lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di rumah bersama keluarga.

·  Bisa Memilih Berbagai Desain

Keunggulan lainnya berkaitan dengan desain pagar besi tempa yang sangat bervariasi sehingga memungkinkan Anda untuk memilih model dan motif yang diinginkan sesuai selera dan kebutuhan. Dalam hal ini Anda bisa memilih desain yang paling tepat sesuai konsep hunian yang ingin ditonjolkan.

Bukan hanya terbatas pada pagar luar rumah saja, berbagai desain yang mewah dan elegan tersedia untuk kebutuhan interior rumah Anda seperti pada railing tangga maupun tralis. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk memadukan desain pagar yang diinginkan untuk mempercantik eksterior rumah.

· Mudah dalam Pemasangan

Menggunakan pagar halaman rumah besi tempa adalah pilihan yang paling tepat karena relatif lebih mudah dalam pemasangan, termasuk jika Anda ingin memasang pagar balkon besi tempa pada rumah bertingkat. Keunggulan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri karena dari segi waktu lebih hemat dan efisien.

Kemudahan dalam pemasangan pagar tersebut akan sangat membantu Anda yang menginginkan pemasangan dalam waktu cepat dengan hasil yang berkualitas. Karena bagaimanapun juga hasil akhir dari pemasangan pagar harus benar-benar bagus dan berkualitas agar rumah Anda aman dan indah.

· Perawatan Relatif Mudah

Pada dasarnya material besi tempa memiliki kualitas yang bagus sehingga tahan terhadap karat dan korosi. Untuk menjaga kondisi pagar agar tetap bagus, Anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit karena dari segi perawatannya cukup mudah dan sederhana.

Agar warna cat pagar besi tempa tetap menarik, maka diperlukan perawatan secara berkala. Untuk keperluan tersebut Anda hanya perlu menyiapkan kain lap serta air yang dicampur deterjen. Selanjutnya cukup lakukan pengelapan pada pagar untuk menjaga warna cat agar tetap bagus.

· Awet dan Tahan Lama

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa material besi tempa yang digunakan untuk pembuatan pagar rumah memiliki kualitas yang bagus. Bukan hanya sekedar kuat dan kokoh saja tetapi juga awet dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu memikirkan penggantian pagar dalam waktu dekat.

Bukan hanya itu saja, jika ada bagian pagar yang mengalami kerusakan seperti patah atau berkarat, maka yang perlu dilakukan hanya memperbaiki pada bagian yang rusak saja tanpa perlu menggantinya secara keseluruhan.

·  Lebih Menghemat Biaya

Masih berhubungan dengan keunggulan sebelumnya yang menyebutkan bahwa pagar dengan material besi tempa awet dan tahan lama, hal itu juga akan berpengaruh pada biaya perawatan. Karakteristiknya yang kuat tentu lebih tahan lama tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan yang mahal.

Selain itu, pemasangan pagar klasik besi tempa juga lebih menghemat biaya karena penggunaannya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dengan keunggulan tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya penggantian pagar dalam waktu dekat.
Memilih Jasa Pembuatan dan Las Pagar Besi Tempa Terbaik

Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, tidak heran jika semakin banyak masyarakat yang memilih material besi tempa untuk pembuatan pagar rumah. Namun sebelum melakukan pemesanan, sebaiknya Anda memilih jasa pagar dan tralis besi tempa yang sudah terpercaya.

Mengapa hal ini sangat penting untuk diperhatikan? Karena akan berpengaruh pada kualitas layanan yang diberikan, proses pengerjaan dan pemasangan serta hasil akhirnya. Agar tidak salah pilih, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

·  Memiliki Reputasi yang Bagus

Dalam memilih jasa pagar dan tralis besi tempa, salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa layanan tersebut memiliki reputasi yang sudah terpercaya. Anda bisa mencari informasi terkait layanan yang diberikan dari berbagai sumber, seperti teman, saudara atau di internet.

Saat ini sangat mudah menemukan informasi di internet terkait penyedia jasa pembuatan pagar maupun tralis besi tempa. Sebagai referensi, Anda bisa langsung mengunjungi situs www.lamhar.com yang sudah terkenal sebagai penyedia jasa pagar dan tralis besi tempa terbaik.

· Sudah Berpengalaman

Pertimbangan selanjutnya adalah memastikan bahwa layanan yang akan dipilih untuk pembuatan dan pemasangan pintu pagar besi tempa sudah berpengalaman. Mengapa harus mencari layanan yang berpengalaman? Karena hal itu akan sangat berpengaruh pada proses pemasangan dan hasil akhirnya.

Anda tentu tidak menginginkan pagar rumah yang berkualitas dipasang secara asal-asalan sehingga hasilnya terlihat kurang bagus dan tidak memuaskan. Oleh karena itu harus dipastikan terlebih dahulu bahwa jasa pagar dan tralis besi tempa yang akan digunakan sudah berpengalaman.

Dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki maka proses pembuatan dan pemasangan pagar berbahan besi tempa akan berjalan secara efektif dan efisien sehingga sesuai dengan rencana. Selain itu, hasil pemasangannya juga akan terlihat bagus dan memuaskan.

· Didukung Tenaga Profesional

Selain sudah berpengalaman di bidang besi tempa, pertimbangan lainnya yang tidak kalah penting adalah layanan tersebut didukung oleh tenaga profesional yang ahli di bidangnya. Karena dalam pembuatan dan pemasangan pagar dan tralis besi tempa diperlukan ketelitian dan ketepatan.

Anda bisa bayangkan jika pembuatan dan pemasangan pagar tersebut dilakukan oleh tenaga yang tidak memiliki keahlian di bidang besi tempa, tentunya hasil pembuatannya tidak akan bagus. Demikian juga dalam pemasangannya yang kurang memuaskan.

· Menyediakan Desain yang Bervariasi

Pertimbangan lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih jasa pagar dan tralis besi tempa adalah memastikan bahwa layanan tersebut menyediakan desain yang bervariasi. Hal ini sangat penting karena akan memudahkan Anda dalam memilih desain yang diinginkan sesuai konsep hunian atau bangunan.

Biasanya jasa pembuatan pagar dan tralis besi tempa yang sudah berpengalaman menyediakan berbagai macam desain dengan motif yang sangat bervariasi. Tentunya ketersediaan motif yang beragam menjadi keunggulan tersendiri karena ada banyak pilihan yang bisa digunakan.

·  Menawarkan Harga Kompetitif

Selain menyediakan desain yang bervariasi, Anda juga perlu mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh jasa pagar dan tralis besi tempa. Ada kalanya penyedia jasa menawarkan harga yang sangat murah sehingga banyak yang tertarik meskipun hasilnya belum tentu bagus.

Agar tidak terjebak pada harga yang sangat murah, sebaiknya Anda mencari informasi terkait harga pasaran yang ada saat ini. Dengan begitu akan lebih memudahkan dalam mendapatkan layanan yang menawarkan harga kompetitif dengan hasil yang berkualitas.

·  Mudah dan Praktis dalam Pemesanan

Pertimbangan berikutnya adalah memastikan bahwa jasa pagar besi tempa menyediakan layanan yang berkualitas dan mudah dalam pemesanan jasa yang diinginkan. Tentunya layanan yang tidak dilengkapi fasilitas pemesanan yang praktis dan mudah akan menyulitkan pelanggan untuk melakukan pemesanan.

Oleh karena itu, Anda bisa mencari informasi melalui internet terkait layanan pembuatan dan pemasangan pagar maupun tralis besi tempa. Pastikan layanan yang dipilih menyediakan fasilitas pemesanan yang mudah diakses sehingga Anda bisa dengan mudah memesan kapan saja dan dimana saja.

· Ada Garansi Layanan

Pertimbangan lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah memastikan bahwa layanan tersebut menyediakan garansi. Meskipun sebenarnya hasil dari pembuatan dan pemasangan pagar berbahan besi tempa sudah bagus dan rapi, namun tetap ada garansi yang diberikan pihak penyedia jasa besi tempa.

Adanya garansi tersebut tentu akan memberikan ketenangan dan rasa aman tersendiri bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan layanan. Terlebih jika biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan pagar dan pemasangannya tidak sedikit.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan ketika pagar akan dipasang untuk memastikan kondisinya bagus dan sesuai pesanan. Karena jika ada bagian yang rusak seperti cat yang mengelupas, Anda bisa langsung meminta perbaikan sebelum pagar dipasang.
Cara Mendapatkan Harga Pagar Besi Tempa yang Terjangkau

Setelah Anda mengetahui beberapa pertimbangan sebelum memilih jasa pagar dan tralis besi yang berkualitas, tentu Anda juga ingin mendapatkan harga yang terjangkau. Pasalnya tidak jarang harga pembuatan pagar melebihi apa yang sudah diperhitungkan sehingga diperlukan solusi yang tepat.

Ada baiknya Anda tidak langsung membatalkan pemesanan dan mencoba beberapa cara berikut ini untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau:

· Jangan Ragu untuk Melakukan Negosiasi Harga

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah melakukan negosiasi harga. Jadi ketika Anda dalam proses pemesanan pagar berbahan besi tempa, sebaiknya lakukan negosiasi terlebih dulu sebagai langkah antisipasi ketika penyedia jasa menawarkan harga yang lebih tinggi.

Meski begitu, Anda juga perlu membekali diri dengan pengetahuan yang cukup terhadap kualitas besi tempa yang hendak dipesan. Oleh karena itu sebaiknya Anda sudah mengetahui harga material besi tempa serta kisaran harganya di pasaran ketika sudah menjadi pagar rumah.

Jika ternyata jenis besi tempa yang Anda inginkan tidak terlalu mahal, maka bisa dipastikan jika Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Demikian juga dengan harga jasa pembuatan dan pemasangan pagar yang bisa dinegosiasi agar lebih terjangkau sesuai budget.

· Sebaiknya Pilih Desain dan Motif yang Sederhana

Jika Anda ingin mendapatkan harga pagar berbahan besi tempa yang lebih terjangkau, maka cara berikutnya yang bisa dicoba adalah memilih desain dan motif yang sederhana. Pasalnya semakin rumit desain pagar akan sangat berpengaruh pada harganya yang jauh lebih mahal.

Model pagar yang sederhana seperti desain minimalis tentu akan ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Karena biasanya hanya memiliki beberapa lekukan serta ornamen yang sederhana sehingga proses pembuatannya lebih mudah dan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa memilih model pintu pagar yang mudah dioperasikan seperti pintu geser atau dorong sesuai kebutuhan. Karena untuk jenis pintu lipat dengan banyak roda akan membutuhkan biaya yang lebih mahal sehingga bisa dijadikan pertimbangan sebelum melakukan pemesanan.

· Gunakan Sedikit Warna pada Ornamen Pagar Besi Tempa

Tips berikutnya untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau adalah dengan menggunakan sedikit warna pada pagar. Karena banyaknya warna yang diaplikasikan pada pagar akan berpengaruh pada harganya secara keseluruhan.

Misalnya saja Anda ingin memesan pagar rumah dengan memadukan warna hitam dengan warna emas atau warna lainnya agar terlihat mewah. Meskipun hasilnya terlihat bagus dan elegan, namun harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan jika Anda hanya menggunakan satu warna saja.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau sebaiknya gunakan satu warna saja pada produk pagar yang dipesan. Misalnya pagar dengan warna putih, abu-abu atau warna hitam. Dengan mengaplikasikan satu warna saja maka proses pengecatannya akan lebih mudan dan cepat.

· Lakukan Survey Jasa Pembuatan Pagar

Melakukan survey jasa pembuatan pagar secara teliti bisa dijadikan salah satu cara untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Meskipun dari segi ukuran pagar sudah tidak bisa diubah untuk menekan harganya, namun Anda masih tetap bisa mencari alternatif lainnya.

Yaitu dengan melakukan survey terlebih dahulu untuk memastikan jasa pembuatan pagar dari besi tempa menawarkan harga yang lebih terjangkau dan sesuai budget yang dimiliki. Dalam hal ini Anda bisa meminta estimasi harga dari pagar yang akan dipesan.

Selanjutnya, lakukan perbandingan dari beberapa penawaran dan estimasi harga dari masing-masing jasa pembuatan dan pemasangan pagar tersebut. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk memilih jasa yang paling tepat dan menyesuaikannya dengan budget.

· Mencari Layanan yang Dekat Rumah

Cara terakhir yang layak dicoba jika ingin mendapatkan harga pagar yang terjangkau adalah mencari layanan pembuatan pagar yang lokasinya dekat rumah. Harga layanan bisa lebih mahal jika lokasinya jauh dari rumah karena membutuhkan biaya transportasi yang lebih besar.

Sangat berbeda jika lokasi dari penyedia layanan pagar rumah tersebut berada di dekat rumah karena biaya transportasi yang dibutuhkan jauh lebih sedikit. Oleh karena itu sebelum memutuskan memesan pagar, sebaiknya pertimbangkan jarak dan lokasi dari penyedia jasa yang diinginkan.

Namun jika Anda sudah mendapatkan jasa pembuatan pagar yang bagus dan berkualitas, tidak ada salahnya untuk memilih yang terbaik meskipun jaraknya dari rumah cukup jauh. Anda bisa mencoba cara-cara sebelumnya agar harganya tetap terjangkau, seperti negosiasi, desain sederhana dan satu warna.

Keuntungan Memesan Pagar Besi Tempa Langsung ke Penyedia Jasa

Jika Anda ingin melengkapi hunian dengan pagar yang berkualitas menggunakan material besi tempa, maka sebaiknya melakukan pemesanan langsung ke penyedia jasa yang sudah berpengalaman. Pasalnya sangat jarang toko besi dan bangunan yang menjual pagar berbahan besi tempa.

Salah satu alasannya adalah karena ukuran pagar untuk setiap rumah bisa tidak sama, selain itu model dan desainnya juga belum tentu menarik dan disukai oleh pembeli. Sebaiknya Anda langsung melakukan pemesanan kepada penyedia jasa, karena akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut:

·  Memberikan Hasil Akhir yang Rapi dan Memuaskan

Penyedia jasa pembuatan dan pemasangan pagar dengan material besi tempa biasanya sudah didukung oleh tenaga yang ahli di bidangnya dan berpengalaman. Dengan begitu maka bisa dipastikan hasil akhir dari pemasangan pagar akan lebih rapi dan memuaskan.

Para tenaga profesional yang sudah berpengalaman di bidang besi tempa akan melakukan pekerjaannya secara profesional dan sesuai standar. Sehingga proses pengerjaan dan pemasangannya akan lebih efisien dan tepat waktu.

Tentunya hal ini akan memberikan kepuasan tersendiri, karena pagar dari besi tempa yang diinginkan dikerjakan secara profesional dengan hasil yang rapi dan detail. Demikian juga dalam pemasangannya, bisa dipastikan tepat sesuai ukuran yang diinginkan dan presisi.

· Harga bisa Disesuaikan dengan Budget

Jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas, maka tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa melakukan pemesanan pagar sesuai kebutuhan rumah Anda. Dalam hal ini jasa pembuatan pagar telah menyediakan solusinya dengan berbagai jenis pagar yang bisa dipilih sesuai budget.

Untuk menekan harga pembuatan pagar, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih desain sederhana atau minimalis. Selain itu, Anda juga bisa memilih pagar yang hanya mengaplikasikan satu warna cat saja agar harganya tidak terlalu mahal dan tetap ramah di kantong.

Oleh karena itu sebelum memesan produk pagar berbahan besi tempa yang diinginkan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dulu. Dengan begitu dari penyedia jasa akan memberikan pilihan yang paling tepat sesuai budget yang sudah disiapkan sebelumnya.

·  Desain dan Motif Pagar Besi Tempa sangat Bervariasi

Penyedia jasa pembuatan pagar dengan bahan besi tempa yang sudah berpengalaman biasanya menyediakan berbagai macam desain dan motif yang akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan pilihan. Mulai dari desain dengan motif minimalis hingga desain klasik yang cukup rumit.

Tentunya ada banyak jenis dan model pagar yang bisa digunakan untuk melengkapi eksterior hunian Anda. Dengan banyaknya pengalaman di bidang pagar dan tralis besi tempa, tentu berbagai desain bisa dikerjakan secara profesional dan tepat waktu.

·  Menawarkan Garansi

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan jika Anda memesan langsung ke penyedia jasa pembuatan pagar adalah adanya garansi yang disediakan. Dengan garansi tersebut, Anda tidak perlu khawatir jika ada bagian dari pagar yang mengalami kerusakan dan cat yang mengelupas.

Anda bisa memanfaatkan garansi yang disediakan untuk meminta perbaikan. Oleh karena itu sebelum pagar dipasang, sebaiknya lakukan pengecekan secara teliti untuk memastikan bahwa tidak ada bagian yang rusak atau kurang sesuai dengan keinginan.
Kelebihan dan Keuntungan Memesan Pagar Besi Tempa di Lamhar

Dengan memesan langsung ke penyedia jasa pembuatan pagar yang terbaik, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Demikian juga ketika Anda memesan pagar berkualitas besi tempa dari Lamhar yang memiliki beberapa kelebihan seperti berikut:

·  Menggunakan Material yang Berkualitas

Salah satu kelebihan yang akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan adalah penggunaan material yang berkualitas. Dalam hal ini, besi tempa yang digunakan untuk pembuatan pagar memiliki kualitas yang bagus sehingga sangat kokoh, kuat dan tahan karat.

Kualitas besi tempa yang bagus akan mempengaruhi daya tahan pagar ketika sudah dipasang karena bisa dipastikan lebih awet dan tahan lama. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda karena tidak perlu menyiapkan biaya lebih untuk perawatan pagar atau penggantian pagar.

Selain itu, karakteristik material besi tempa yang kokoh juga mampu memberikan keamanan dan perlindungan yang lebih maksimal karena tidak mudah dirusak atau dirobohkan. Sehingga bisa mencegah terjadinya aksi kejahatan secara efektif dan efisien.

· Menerapkan Teknik Sesuai Standar

Kelebihan lainnya yang ditawarkan adalah penerapan teknik standar dalam proses pembuatan maupun pemasangan pagar dari besi tempa. Seperti yang diketahui, material besi tempa memiliki karakteristik dan ciri khas tertentu yang membutuhkan proses penempaan secara tepat dan presisi.

Oleh karena itu dalam proses pembuatannya tidak boleh asal-asalan dan sembarangan. Karena teknik yang diterapkan pada material besi tempa akan sangat berpengaruh terhadap daya tahan serta kekuatan pagar ketika sudah jadi dan dipasang.

Terlebih pada model klasik yang memiliki banyak sambungan sehingga dibutuhkan teknik penempaan yang tepat dan profesional. Tanpa adanya teknik yang tepat, maka pagar akan mudah rusak dan berkarat sehingga bisa menyebabkan pagar roboh.

·  Proses Pengerjaan Sesuai Jadwal

Sebagai penyedia jasa pembuatan pagar dan tralis besi tempa terbaik, layanan ini didukung oleh tenaga profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dengan dukungan tersebut maka proses pengerjaan pagar bisa berlangsung secara efektif dan sesuai jadwal.

Seperti yang diketahui, dalam proses pembuatan aksesoris pagar besi tempa tidak boleh dilakukan secara sembarangan demikian pula dalam proses pemasangannya. Dengan tenaga yang sudah ahli dan berpengalaman maka kendala yang muncul selama proses pembuatan bisa diatasi secara cepat dan tepat.

Selain itu, dalam proses pemasangannya juga sesuai jadwal karena ukuran pagar sudah ditentukan secara tepat. Tanpa ketelitian dan keakuratan ukuran, maka pemasangan pagar akan mengalami hambatan sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari semestinya.

·  Banyak Pilihan Motif dan Desain Pagar

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah menyediakan banyak pilihan motif dan desain sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam memilih desain pagar yang paling tepat. Biasanya motif pagar yang disediakan cukup beragam, mulai dari yang sederhana atau minimalis hingga desain klasik yang relatif rumit.

Jika rumah Anda tidak terlalu luas dengan halaman yang cukup mungil, maka jenis desain pagar minimalis bisa dijadikan pilihan paling tepat. Sebaliknya, halaman yang luas dan rumah yang besar akan sangat cocok jika menggunakan pagar dengan desain klasik yang mewah dan berkelas.

Dengan banyaknya desain yang disediakan, Anda juga bisa memilih yang paling sesuai dengan konsep rumah Anda. Sehingga keberadaan pagar di depan rumah akan membuat tampilan rumah semakin menarik dan menonjol.

·  Hasil Akhir yang Memuaskan

Kelebihan berikutnya yang tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa pembuatan pagar besi tempa abal-abal adalah hasil akhirnya yang memuaskan. Karena dengan tenaga yang profesional dan berpengalaman, proses pembuatan dan pemasangannya akan dilakukan sesuai standar yang berlaku.

Seperti yang diketahui, dalam proses pembuatan maupun pemasangan pagar rumah berbahan besi tempa diperlukan ketelitian dan ketepatan agar hasilnya rapi. Dengan menggunakan jasa besi tempa yang sudah terpercaya maka bisa dipastikan hasil akhirnya akan bagus dan memuaskan.

· Harga Cukup Bersahabat

Kualitas pagar yang bagus dengan harga yang bersahabat menjadi salah satu kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa tukang pagar dan tralis besi tempa yang terpercaya. Jadi meskipun kualitas pagar yang ditawarkan bagus dan kokoh, untuk urusan harga tetap ramah di kantong.

Dalam hal ini, layanan pembuatan pagar untuk rumah menawarkan harga yang cukup bervariasi tergantung kualitas bahan yang digunakan, motif dan desain yang dipilih, serta tingkat kerumitannya. Untuk mendapatkan harga miring, Anda bisa memilih motif yang sederhana dengan satu warna saja.

Selain itu, dari pihak jasa pembuatan pagar dari besi tempa juga memberikan beragam pilihan desain pagar yang tentunya bisa disesuaikan dengan budget yang telah disiapkan. Naik turunnya harga tentu bisa dinegosiasikan agar Anda mendapatkan pagar yang diinginkan sesuai budget.

· Proses Pemesanan Mudah dan Cepat

Kelebihan lainnya yang akan didapatkan dari layanan pagar dan tralis besi tempa berkualitas adalah proses pemesanan yang mudah dan cepat sehingga Anda tidak perlu repot datang ke lokasi produksi. Karena dari pihak jasa pagar dan tralis besi tempa sudah menyiapkan fitur pemesanan yang mudah untuk diakses.

Anda hanya perlu mengunjungi situs www.lamhar.com dan melakukan pemesanan melalui fitur pesan instan yang sudah tersedia. Dengan begitu, pemesanan pagar maupun tralis besi tempa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

·  Garansi Layanan

Adanya garansi layanan yang disediakan pihak jasa besi tempa tentu menjadi kelebihan tersendiri yang akan membuat Anda semakin tenang ketika memesan produk pagar di tempat ini. Karena garansi tersebut memungkinkan Anda untuk mengklaim jika ada kekurangan pada pagar yang membutuhkan perbaikan.

Agar garansi yang diberikan bisa dimanfaatkan secara maksimal, sebaiknya Anda melakukan pengecekan pagar sebelum proses pemasangan dilakukan. Dengan begitu jika ada kerusakan atau pengelupasan cat pada bagian tertentu bisa langsung meminta perbaikan.
Estimasi Biaya Pembuatan Pagar Besi Tempa

Pada dasarnya biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan pagar dan tralis besi tempa sangat tergantung pada beberapa hal. Seperti ukuran, motif serta tingkat kerumitan dari produk pagar rumah yang dipesan. Tentunya semakin besar ukuran yang dipesan akan membuat harganya juga semakin mahal.

Demikian juga dengan motif yang dipilih. Semakin rumit desain dan motif yang diterapkan pada pagar, maka akan semakin tinggi pula harganya. Oleh karena itu, sebelum Anda memesan pagar berbahan besi tempa sebaiknya sudah mengetahui berapa estimasi biaya yang dibutuhkan.

Agar tidak bingung dalam memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

· Menentukan Ukuran Pagar yang akan Dibuat

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu faktor yang mempengaruhi harga pembuatan pagar rumah berbahan besi tempa adalah ukurannya. Dalam hal ini Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa luas ukuran dari pagar yang akan dipesan, yaitu dengan menyiapkan ukuran panjang dan tinggi.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat pagar dengan panjang 3 meter dan tinggi 2 meter, maka tinggal mengalikannya saja. Sehingga akan didapatkan hasil perkalian antara 3 m x 2 m = 6 m2. Dengan demikian maka Anda membutuhkan pagar besi tempa dengan ukuran luas 6 m2.

·  Mencari Informasi tentang Biaya Pembuatan Pagar per Meter2

Setelah mengetahui berapa luas ukuran pagar yang akan dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi terkait biaya pembuatan pagar rumah per meter persegi. Karena biasanya harga atau biaya pembuatannya dihitung per m2.

Dalam hal ini Anda bisa meminta daftar harga dari penyedia jasa besi tempa untuk menghitung berapa biaya yang dibutuhkan. Biasanya dari pihak jasa besi tempa sudah menyediakan daftar harga lengkap sesuai jenis bahan yang digunakan.

Untuk memastikan biaya yang dibutuhkan, sebaiknya Anda juga menanyakan kepada pihak jasa besi tempa apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk pemasangan pagar atau belum. Jika belum termasuk maka sebaiknya menanyakan total biaya yang dibutuhkan jika termasuk pemasangan.

· Perhitungan Estimasi Biaya Pembuatan Pagar

Setelah mengetahui ukuran dari pagar yang akan dipesan serta daftar harga pembuatan per m2 dari penyedia jasa besi tempa, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan estimasi biaya pembuatan pagar.

Sebagai contoh, jika harga pagar yang ditawarkan sebesar Rp500.000 per m2, maka dengan luas ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya sebesar 6 m2 tinggal dilakukan dengan harga tersebut. Jadi 6 m2 x Rp500.000 = Rp3.000.000. sehingga biaya yang harus disiapkan sebesar Rp3.000.000.
Jenis Jenis Desain pada Pagar Besi Tempa

Seperti pada penjelasan sebelumnya, hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat pagar berbahan besi tempa adalah menentukan jenis desain dan motif yang akan diterapkan. Tidak mudah memilih desain yang paling pas, karena ada banyak variasi desain dengan motif-motif yang sangat indah.

Bahkan bisa saja Anda bingung dalam menentukan pilihan karena semua desain yang ditawarkan terlihat indah dan estetik. Seperti pada beberapa jenis desain berikut ini yang bisa dijadikan referensi sebelum melakukan pemesanan pagar:

· Desain Minimalis

Salah satu desain yang bisa dipilih untuk melengkapi eksterior rumah Anda adalah model desain minimalis yang cukup simpel. Pada desain ini tidak banyak ornamen yang ditampilkan sehingga terlihat simpel namun tetap memberikan kesan yang mewah.

Meskipun tidak banyak ornamen serta lekukan yang ditampilkan, namun keberadaan pagar dengan desain tersebut akan mempercantik bagian eksterior rumah Anda. Apalagi jika warna cat pada pagar cocok dengan rumah Anda, tentunya akan membuat rumah Anda terlihat lebih menarik.

·  Desain Minimalis Modern

Masih dengan desain minimalis yang simpel, kali ini Anda juga bisa memilih konsep minimalis modern untuk kebutuhan eksterior hunian. Kesan modern yang ditonjolkan pada desain ini mampu memberikan sentuhan yang lebih dinamis pada hunian.

Konsep minimalis modern sangat cocok untuk Anda yang ingin menyempurnakan bagian eksterior rumah dengan pagar yang simpel namun terkesan eksklusif. Pagar besi tempa minimalis modern juga sangat pas untuk halaman rumah yang tidak terlalu luas karena cukup simpel dan tidak rumit.

· Desain Minimalis Elegan

Desain minimalis memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang karena dianggap lebih simpel dengan ornamen yang sederhana dan tidak terlalu rumit. Meskipun kesannya minimalis, namun dari segi tampilannya mampu memberikan kesan yang elegan dan berkelas.

Tentunya desain yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memang mendambakan hunian dengan bagian eksterior yang terlihat elegan. Dengan kesan yang elegan, rumah Anda akan terlihat lebih berkelas meskipun tidak terlalu mewah.

·  Desain Sederhana

Desain pagar rumah dengan model dan motif yang sederhana bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang kurang suka dengan pagar yang banyak ornamennya. Kesan sederhana yang ingin ditampilkan pada bagian eksterior rumah ini justru akan membuat rumah Anda terlihat menarik meskipun cukup bersahaja.

Desain sederhana juga bisa dijadikan pilihan tepat bagi Anda yang mencari pagar berbahan besi tempa dengan harga yang lebih terjangkau. Karena dengan desain yang cukup sederhana dan ukuran yang tidak terlalu besar, harganya jauh lebih murah dibandingkan pagar dengan motif dan desain yang rumit.

· Desain Klasik

Berbanding terbalik dengan desain sederhana yang terlihat bersahaja namun tetap elegan, desain klasik bisa dijadikan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin rumahnya tampil mewah dan eksklusif. Pagar besi tempa dengan desain klasik biasanya menampilkan motif yang rumit dengan kombinasi warna yang mewah.

Motif klasik yang ditampilkan dengan banyak ornamen bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga rumah Anda terlihat mahal dan berkelas. Dalam hal ini kesan mewah akan semakin menonjol dengan paduan warna gold dan hitam atau gold dan putih yang menawan.

·  Desain Mewah

Tidak berbeda jauh dengan desain klasik yang telah disebutkan sebelumnya, pagar dengan besi tempa yang memiliki desain mewah juga bisa dijadikan pilihan menarik untuk melengkapi eksterior rumah. Kesan mewah sangat jelas terlihat dari ornamen pagar yang cukup rumit dengan banyak lekukan di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan kemewahan yang dominan di bagian eksterior rumah maka bisa menggunakan desain mewah pada pagar. Selain memiliki fungsi keamanan yang bermanfaat, keberadaan pagar dengan desain mewah akan membuat rumah Anda terlihat semakin mahal.

· Desain Mewah Modern

Desain pagar yang mewah juga bisa dikombinasikan dengan kesan modern di dalamnya, sehingga memberikan kesan yang lebih dinamis dan tidak monoton. Desain yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memadukan kemewahan dengan unsur dinamis secara proporsional.

Pagar dari besi tempa dengan desain yang mewah modern banyak dijadikan pilihan karena dari segi tampilan mampu menghadirkan kesan yang mewah. Anda bisa memilih desain pagar ini dan memadukannya dengan warna-warna yang elegan.

· Desain Klasik Minimalis

Desain klasik minimalis bisa dijadikan alternatif terbaik bagi Anda yang menginginkan kesan mewah namun tidak terlalu mencolok. Desain yang satu ini cukup fleksibel untuk diterapkan di halaman rumah yang luas maupun halaman yang tidak terlalu luas.

Ornamen yang indah pada desain klasik mampu menampilkan kesan yang mewah dan mahal pada pagar. Meski begitu, desain pagar ini juga cukup minimalis sehingga memberikan keseimbangan yang menarik di dalamnya.

Selain beberapa desain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak variasi desain lainnya yang bisa dijadikan pilihan menarik. Seperti desain Eropa klasik, minimalis kontemporer, kontemporer modern, desain dengan mozaik, dan lain sebagainya.

Pagar besi tempa memiliki fungsi utama memberikan perlindungan dan keamanan. Selain itu, dengan desainnya yang cantik dan cukup bervariasi, pagar rumah juga mampu memberikan sentuhan estetik pada eksterior rumah sehingga terlihat lebih indah dan berkelas. Untuk pemesanan hubungi www.lamhar.com.