Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

RAILING BALKON KLASIK

Menerapkan Railing Balkon Klasik Pada Rumah dan Tips Memilihnya











Railing balkon klasik menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat Anda memiliki rumah yang indah.Keberadaan railing dengan desain klasik akan memberikan kesan khusus pada balkon rumah Anda, terutama jika Anda ingin mengubah balkon sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Ya, balkon yang merupakan teras lantai dua memang menjadi tempat yang asik untuk menikmati pemandangan bersama keluarga. Balkon bisa disulap menjadi tempat asyik dengan tambahan kursi santai dan juga tanaman hijau yang menyegarkan mata.Namun, selain itu, Anda juga harus memperhatikan keamanan balkon rumah dengan memasang railing atau pagar pembatas.

Pemilihan railing balkon yang tepat akan nampak menyatu dengan desain rumah. Oleh karena itu, model railing yang dipilih juga harus disesuaikan dengan gaya bangunan rumah. Salah satu model railing yang direkomendasikan dan terbukti memiliki banyak peminat adalah railing balkon besi tempa. Kenapa harus railing model ini ?

Keunggulan Railing Balkon Klasik yang Antik 

Railing dengan model klasik banyak dipilih karena menghadirkan kesan mewah dan elegan. Railing model ini paling banyak digunakan oleh rumah bergaya eropa. Namun, bukan berarti rumah bergaya minimalis tidak bisa menggunakan railing balkon model ini. Ada juga railing balkon minimalis klasik yang memadukan gaya sederhana yang antik. 

Bagi Anda yang memiliki desain rumah minimalis, Anda dapat memilih railing balkon klasik dengan ornamen sederhana. Tidak perlu memilih ornamen bunga yang akan nampak mencolok, railing dengan motif salur atau menekankan garis atau bentuk geometris sudah cukup untuk menambah kesan elegan nan modern.

Sebaliknya, jika Anda memang mendesain rumah dengan gaya klasik, Anda bisa memilih railing klasik dengan desain yang lebih mewah. Jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya pula untuk memesan ornamen khusus, seperti ornamen yang mewakili simbol usaha atau ornamen railing yang sengaja didesain unik sebagai identitas keluarga Anda.

Tips Memilih Railing Balkon Klasik

Ada banyak jenis gaya railing balkon, seperti railing balkon modern, klasik, rustic, ataupun minimalis. Masing-masing gaya ini tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing. Misalnya saja railing balkon yang klasik yang memiliki keunggulan menambah kesan mewah, megah, dan elegan pada bangunan. Railing balkon minimalis klasik memadukan baik kesan modern dan antik pada waktu bersamaan.

Nah, jika Anda termasuk orang yang lebih suka railing balkon klasik dibandingkan gaya lainnya. Atau mempertimbangkan gaya klasik untuk keseluruhan tampilan rumah Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda andalkan untuk memilih railing balkon yang tepat!

1. Pilih Material yang Tepat

Dari banyak jenis material yang dapat digunakan untuk membuat railing balkon. Namun, yang paling umum digunakan untuk membuat railing khususnya untuk balkon luar ruangan adalah besi tempa, hal ini karena bahan bangunan ini lebih mudah dibentuk sesuai motif yang diinginkan. Oleh karena itu kita kerap melihat bangunan tua dengan railing balkon besi tempa yang berwarna hitam atau putih. 

Pilihan lain adalah stainless steel, kayu atau kaca. Semua dari segi estetika memberikan aksen elegan dan mewah. Tapi dari segi harga dan perawatan mungkin lebih mahal dan memerlukan perhatian khusus. Besi tempa adalah pilihan lebih terjangkau dan juga mudah untuk dikreasikan, khususnya untuk membentuk ornamen klasik. 

Adapun kriteria pemilihan bahan railing balkon yang harus Anda perhatikan adalah tingkat kekuatan bahan. Pastikan Anda  memilih bahan yang kuat dan tahan dengan cuaca. Apalagi jika Anda ingin memasang railing balkon interior, maka ketahanan bahan terhadap hujan dan panas harus benar-benar diperhitungkan.

2. Perhatikan Fungsi yang Ingin Dicapai

Anda perlu memperhatikan fungsi pemasangan railing balkon yang ingin dicapai sebelum menentukan model railing balkon klasik yang akan dipasang. Hal ini akan menentukan model, pemilihan material dan masing banyak pertimbangan lainnya. Adapun beberapa fungsi railing balkon, antara lain adalah:

● Keamanan

Tidak hanya harus indah, tapi juga harus memenuhi prinsip keselamatan. Dengan demikian, railing balkon tidak hanya berfungsi sebagai hiasan rumah, tapi juga benar-benar memenuhi fungsinya sebagai pagar balkon. Hal ini bisa disiasati untuk memilih tinggi railing atau jeda dari tiap jalur pada railing. 

Jika Anda ingin memastikan keamanan balkon dengan pemasangan railing, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah kekuatan besi tempa yang digunakan. Setidaknya railing balkon harus memiliki ketinggian 90 cm untuk balkon bangunan lantai dua. Sedangkan untuk bangunan berlantai 3 atau lebih railing balkon harus memiliki ketinggian 90-110 cm. Adapun jarak garis vertikal railing yang disarankan adalah 7 hingga 10 cm untuk keamanan ekstra.

● Privasi

Jika Anda ingin bebas menikmati pemandangan tapi tidak ingin terlihat dari luar, maka harus selektif untuk model railing balkon klasik yang dipilih. Manfaatkan railing balkon sebagai alat untuk menjaga privasi, dengan memperhatikan kerapatan motif. Anda juga bisa memilih model railing balkon dengan model panel, atau bisa juga memanfaatkan tanaman sulur untuk menambah privasi. Tanaman sulur akan membantu menghalangi pandangan dan juga memberikan kesan rumah asri.

● Dekorasi

Fungsi pemasangan railing untuk balkon bergaya klasik yang paling umum lainnya adalah untuk kepentingan dekorasi. Jika pemasangan railing balkon  yang Anda lakukan memiliki tujuan utama estetika, maka perhatikan kesesuaian railing balkon dengan ornamen dan interior juga eksterior sekitarnya. Railing balkon klasik gaya Victoria akan sesuai dengan railing balkon motif bunga atau daun-daunan. Railing dengan gaya klasik pedesaan dapat mengadaptasikan ornamen seperti flora atau fauna.

3. Pilih Lekukan Railing Balkon yang Tepat

Railing balkon dengan gaya klasik memiliki ciri khas lekukan yang indah. Lekukan besi inilah yang nantinya akan memberikan keindahan motif railing. Motif yang paling umum adalah motif sulur dan bunga. Motif ini akan menimbulkan kesan mewah tanpa membuat desain rumah terlihat berlebihan

Tips khusus bagi Anda yang ingin memilih motif railing balkon klasik adalah dengan motif railing lainnya. Misalnya jika sedang mencari motif railing yang tepat untuk balkon luar, maka pilihlah motif yang serasi dengan pagar. Sedangkan jika railing yang akan dipasang adalah railing balkon dalam atau interior, maka sesuaikan motif yang dipilih dengan motif railing tangga. 

4. Perhatikan Ukuran Railing dengan Tepat

Ukuran railing balkon yang dipasang harus benar-benar tepat. Setiap sudut harus diukur secara presisi agar railing benar-benar pas saat dipasang. Oleh karena itu, Anda mungkin tidak bisa melakukan pengukuran sendiri dan jauh lebih baik jika menyerahkan proses pengukuran dari ahlinya sejak awal.

5. Pilih Desain Melingkar untuk Kesan Mewah

Railing yang dibuat akan mengikuti bentuk balkon. Jika Anda menginginkan kesan mewah, namun tetap sederhana, Anda bisa memilih bentuk balkon yang melengkung atau setengah lingkaran. Dengan bentuk balkon yang melingkar ini, maka secara otomatis railing balkon klasik yang dibuat juga akan mengikuti lengkungan sudut balkon dan menampilkan kesan mewah. Apalagi jika balkon juga dilengkapi dengan pilar menjulang dan bangunan yang tinggi untuk menambah kesan megah.

6. Pilih Warna yang Tepat

Railing balkon butuh finishing berupa pewarna. Selain bertujuan untuk melindungi material railing dari cuaca dan mencegah timbulnya karat, pewarnaan juga bertujuan untuk memperindah tampilan railing. Pertimbangkan juga melapisinya dengan cat pelindung untuk memberikan perlindungan terhadap cuaca dan efek glossy pada balkon. 

Warna yang paling tepat untuk railing balkon klasik adalah warna yang sesuai dengan desain rumah. Anda bisa memperhatikan warna desain yang dominan, lalu menggunakannya sebagai warna railing. Namun, jika Anda ingin bermain aman, warna railing kombinasi emas akan menjadi warna cantik yang direkomendasikan untuk tampilan railing balkon yang mewah. Selain itu, Anda juga bisa memilih warna hitam yang dipadukan dengan warna emas untuk menambah kesan elegan dan mewah.

7. Sesuaikan dengan Budget

Hal penting yang juga harus diperhatikan dalam memilih railing balkon adalah menyesuaikannya dengan budget. Jika Anda memiliki budget terbatas, ada baiknya memilih material dan model sederhana yang dibanderol dengan harga lebih murah.Tips khusus untuk memilih railing sesuai dengan budget yang tersedia adalah dengan menghitung luas area yang akan dipasang railing. 

Setelah itu, bagi budget yang dimiliki dengan luas yang akan dipasang railing hasil pembagian ini merupakan harga maksimal per satuan meter yang sesuai dengan kondisi kantong. Jika masih bingung dengan teknik perhitungannya, jangan ragu untuk meminta bantuan pada jasa pembuatan railing balkon klasik yang Anda hubungi, agar nantinya tidak over budget.

3 Jenis Besi yang Biasa Digunakan Sebagai Bahan Railing

Jika ditinjau dari segi bahan, bahan yang umum digunakan untuk membuat railing balkon adalah besi. Namun, bukan sembarang besi yang bisa digunakan. Berdasarkan karakteristiknya, secara umum ada 3 jenis bahan yang biasa digunakan sebagai railing balkon, antara lain:

1. Besi Hollow

Hollow memiliki bentuk awal kotak kopong. Meskipun memiliki bentuk kopong, hollow cukup kuat jika dijadikan sebagai bahan railing balkon. Hanya saja, hollow lebih sulit menghasilkan bentuk yang variatif, karena bentuk utamanya adalah garis-garis lurus. Jenis railing yang bisa dibentuk dari bahan ini adalah railing minimalis yang tidak memiliki banyak detail.

Sedangkan untuk railing balkon klasik yang memiliki bentuk yang rumit, penggunaan hollow sangat tidak memungkinkan karena sifatnya yang sulit dibentuk. Namun, secara ketahanan, besi hollow termasuk material yang tahan dengan cuaca dan tidak mudah mengalami korosi, sehingga cocok digunakan sebagai railing outdoor.

2. Besi Bulat

Besi bulat atau biasa juga disebut dengan besi solid memiliki karakteristik sesuai dengan namanya yaitu berbentuk bulat dan padat. Bentuk besi seperti ini sangat mudah dibentuk berdasarkan motif yang diinginkan kemudian disatukan hingga menjadi railing menggunakan teknik las.

Kekurangan besi bulat adalah harganya yang cukup mahal. Selain itu, desain yang dapat dibuat dari besi bulat juga terbatas dan kurang cocok untuk desain yang rumit. Bentuknya yang spesifik memberikan tidak terlalu banyak opsi untuk berkreasi walau ada saja ornamen atraktif yang cocok dengan jenis besi ini. 

3. Besi Tempa

Jenis besi terakhir ini merupakan bahan favorit untuk membuat railing balkon besi tempa. Bentuk awalnya merupakan besi solid dengan bentuk kotak yang kemudian ditempat menjadi aneka bentuk dan motif. Besi jenis ini sangat mudah dibentuk karena kandungan karbonnya yang rendah, sehingga lebih lentur dibandingkan jenis besi lainnya.

Setelah menghasilkan motif yang sesuai, maka besi akan disatukan dengan teknik las dan dilakukan finishing. Biasanya diselesaikan dengan pelapisan bronze, yaitu lapisan warna coklat keemasan yang memberikan kesan mewah pada railing klasik.

Keunggulan Railing Balkon Klasik Besi Tempa

Seperti yang dibahas sebelumnya, besi tempa menjadi bahan favorit untuk membuat railing balkon klasik. Lantas, apa yang menjadikan besi tempa cocok dijadikan bahan pembuatan railing bergaya klasik? Berikut adalah beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangan. 

1. Tahan Lama

Dibandingkan dengan material besi lainnya, besi tempa lebih solid dan tahan banting terhadap cuaca. Besi tempa sangat minim resiko korosi karena perubahan cuaca. Jika memang railing nantinya mengalami korosi, maka Anda hanya perlu menghilangkan karat dengan cairan pembersih khusus besi. Setelah itu, lakukan pengecatan ulang agar karat tidak muncul kembali.

Bahan besi tempa yang minim resiko korosi inilah yang akhirnya menjadikannya lebih tahan lama. Dengan demikian, besi jenis ini sangat cocok untuk membuat railing outdoor. 

2. Lebih Kuat

Tidak hanya tahan lama, railing balkon klasik besi tempa juga lebih kokoh dan kuat dibandingkan railing dengan bahan lainnya. Besi tempa akan menempel kuat setelah melalui proses pengelasan dan mampu menahan beban lebih berat. Inilah yang menjadi alasan besi tempa lebih menjamin keselamatan dibandingkan railing dengan bahan lainnya.

Akan tetapi, untuk memastikan kekuatan railing berbahan besi tempa, Anda juga harus memperhatikan teknik pembuatan dan pemasangannya. Teknik pembuatan harus benar, yaitu memperhatikan proses pengelasan dan jarak lubang kosong antara motif yang aman untuk anak-anak. Proses pemasangan juga harus benar-benar diperhatikan agar railing tidak mudah terlepas ketika terkena goncangan atau benturan keras.

3. Desain Lebih Elegan

Desain railing yang terbuat dari besi tempa akan terlihat lebih elegan karena materialnya yang padat. Selain itu, kesan mewah juga akan muncul dari motif yang dipilih. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan matang-matang motif railing yang akan digunakan. Besi tempa mudah untuk dibuat jadi beragam motif dan ornamen, bahkan yang rumit dan sulit sekalipun. Ini adalah ciri-ciri dari aksen bangunan klasik. 

4. Lebih Mudah Didapatkan

Rata-rata pengrajin railing menggunakan bahan besi tempa. Oleh karena itu, railing balkon klasik besi tempa lebih mudah didapatkan dibandingkan material lainnya. Anda sebenarnya bisa saja memesan railing klasik dengan bahan lain, namun Anda mungkin harus menunggu lama karena bahan yang tidak selalu tersedia.

5. Harga Lebih Murah

Meski memiliki banyak keunggulan, Anda tidak perlu khawatir dengan harga. Hal ini dikarenakan harga railing yang terbuat dari besi tempa tergolong terjangkau, Setidaknya bila melakukan perbandingan dengan material lain seperti kayu atau stainless steel atau jenis besi lainnya. 

6. Perawatan Mudah

Perawatan railing balkon yang terbuat dari besi tempa tergolong sangat mudah. Sama seperti railing balkon lainnya, railing balkon yang terbuat dari besi tempa hanya perlu dicuci, setidaknya satu bulan sekali untuk menghindari debu menempel dan membuat warna menjadi kusam. Cara mencucinya pun sederhana, hanya dibutuhkan air bersih mengalir dan lap. Jangan gunakan sabun atau cairan pembersih karena hanya akan mempercepat proses korosi. Namun, Anda mungkin membutuhkan rust remover jika railing ditumbuhi karat.

Selain melakukan pencucian, railing balkon besi tempa juga butuh pengecatan secara berkala. Tujuannya adalah agar railing balkon selalu terlihat baru. Namun, jangan lupa untuk mengikis cat lama dengan bantuan amplas sebelum mengecat ulang, agar cat baru yang Anda aplikasikan benar-benar menempel sempurna.

Memesan Railing Balkon Klasik Untuk Hunian Anda 

Mulai dari pemilihan material, model railing balkon sampai beberapa pilihan besi yang dapat jadi opsi saat membangun rumah. Percayakan pada ahlinya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Lakukan perencanaan sesuai dengan keinginan Anda laku konsultasikan dengan jasa pembuat railing balkon bergaya klasik yang dapat mewujudkannya. 

Umumnya, jasa pembuatan railing balkon klasik sudah memiliki contoh desain, sehingga Anda hanya perlu melihat katalog dan memilih model yang sesuai dengan keinginan. Jika memiliki permintaan desain khusus, tidak masalah jika Anda membawa gambar desain motif sendiri, karena jasa pembuatan railing balkon klasik dan minimalis yang profesional pasti bisa mengatasinya.

Serahkan pada jasa pembuat railing balkon terbaik yang memiliki pengalaman dan juga contoh hasil pekerjaan yang mengesankan. Dengan demikian Anda dapat mempercayakan bentuk railing balkon bisa dibuat sesuai dengan gambar railing klasik yang ada dalam benak Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda tanyakan pada jasa pembuat railing balkon klasik.

1. Penyesuaian Budget 

Railing balkon termasuk bagian rumah yang membutuhkan budget besar. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih jasa pembuatan railing. Anda tentunya tidak ingin budget Anda terbuang karena terjadi kesalahan pengukuran, hasil kurang rapi, atau bahan railing yang tidak tahan lama, atau justru berlebihan jadi terpaksa dibuang. 

2. Kesesuaian Interior dan Eksterior

Keseluruhan bangunan terlebih dahulu menentukan tema gaya yang diaplikasikan. Pilihanya bisa klasik, minimalis, modern, rustic , kontemporer, Mid-Century atau gabungan dari beberapa gaya desain dekorasi hunian. Banyak pilihan desain yang bisa jadi opsi. 

Pemilihan bentuk dan ornamen pada railing dapat juga diterapkan pada pagar, teralis jendela dan area tertentu dari rumah sehingga lebih menyeluruh dan ada kesinambungannya. Hal ini bisa didiskusikan dengan jasa pembuat railing klasik yang benar-benar memahami bidangnya. 

3. Memiliki Referensi 

Pemilihan jasa pembuat railing balkon klasik terlebih dahulu ditentukan dengan melihat hasil pekerjaan sebelumnya. Hal ini akan memudahkan dalam pemilihan model railing dan pemilik rumah jadi memiliki gambaran bagaimana hasil akhir yang dapat diharapkan. 

Akan sangat lebih menguntungkan bila menemukan model railing balkon yang ada dari katalog dan sudah pernah dikerjakan sebelumnya. Baik pemilik rumah dan jasa pembuat railing balkon memiliki acuan yang sudah ada dalam referensi yang dimiliki. 

4. Memberikan Jaminan Garansi 

Dapatkan pembuat railing yang bisa memberikan jaminan kalau hasil pekerjaannya ada garansi atau setidaknya bisa dihubungi lagi untuk perawatan atau perbaikan. Hal ini akan mempengaruhi keindahan balkon dan keseluruhan tampilan dalam dan luar rumah.

Anda tidak perlu mencari jasa layanan lainnya kalau sudah menemukan satu tempat yang dapat melakukan beberapa pekerjaan. Mulai dari diskusi model dan orgamen, pengerjaan, pemasangan sampai perawatan. 

Salah satu jasa pembuatan railing terpercaya yang bisa Anda pertimbangkan adalah LAMHAR. Jasa desain dan konstruksi besi tempa LAMHAR menawarkan pembuatan railing balkon klasik besi tempa dengan berbagai model. Harga yang ditawarkan kan pun sangat bersaing, sehingga Anda tidak perlu khawatir kelebihan budget saat menggunakan jasa pembuatan dan pasang railing dari LAMHAR.

Lihat Juga 







CARA PEMESANAN DALAM PEMBUATAN PAGAR BESI TEMPA :

Jelaskan Desain, Konsep Pintu Gerbang, Pagar, Railing, Teralis  Seperti Apa Yang Anda Inginkan • Kirimkan Alamat Lengkap Anda Agar Kami Survei Lokasi• Dalam Survei Lokasi Kami Akan Menjelaskan Desain Pintu Gerbang, Pagar, Railing, Teralis Apa Yang Cocok di Lokasi Anda• Kualitas Tak Perlu Di Ragukan, Kami Siap Survei Lokasi GRATIS...  !!

Address :

● Lamhar Workshop ( Jl. Gaga Utama No.29, RT.7/RW.3, Semanan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat)

● Lamhar Office ( Jl. Gaga Utama No.29, RT.7/RW.3, Semanan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat)

Cabang Pemasaran Lamhar Pagar Besi Tempa

● Pemasaran Lamhar ( Jl. Kembangan Raya No.117, RT.4/RW.03, Kembangan Utara, Kec. Kembangan, Jakarta Barat)

● Pemasaran Lamhar (Ruko Permata Taman Palem Blok D6 No.19, RT.5/RW.3 Kel. Pegadungan, Kec. Kalideres Jakarta Barat) 

Daerah Ibu kota Jakarta Barat 11850)

Hubungi Nomer Telpon Yang Kami Sediakan  

Website : www.lamhar.com

Email : lamharperkasa@gmail.com

📞 081905442858. • Atau Chat Via WhatsApp  081905442858