Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa Kotak

 Besi Tempa Kotak: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

 



Ada banyak jenis besi tempa berdasarkan bentuknya yaitu mulai dari ulir sampai dengan besi tempa kotak. Di antara banyak jenis tersebut, besi yang berbentuk kotak ini lebih sering dipilih karena daya tariknya.
Besi yang memiliki kadar karbon rendah ini membuatnya jauh lebih kuat daripada besi lain, contohnya besi cor. Selain itu, bagi jasa besi tempa, jenis ini mudah untuk dibentuk setelah dipanaskan pada suhu tertentu. Anda yang ingin memanfaatkan besi tempa untuk keperluan rumah perlu tahu jenisnya yang memiliki bentuk kotak ini.

Apa Itu Besi Tempa Kotak

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa besi tempa jenis ini bukanlah yang digunakan untuk pembuatan struktur banggunan. Fungsi dari besi tempa ini adalah untuk eksterior mulai dari pagar, railing tangga sampai dengan teralis jendela atau pintu.
Apabila dilihat dari bentuk fisiknya, besi ini memiliki bentuk persegi dan memanjang. Tidak ada kolong atau lubang di tengahnya layaknya besi baja konvensional hollow. Anda hanya akan melihat bentuk besi yang utuh atau penuh. 


Soal ukuran, besi tempa kotak atau yang disebut juga besi nako ini cukup beragam. Ada yang ukurannya 12 mm atau 10X10X4,6 meter. Ada juga besi dengan ukuran 16 mm yaitu 15X15X5,8 meter. Anda sebaiknya mengecek ukuran ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Ada tiga jenis besi kotak yang akan dibentuk kembali sesuai dengan kebutuhan tertentu. Pertama adalah nako polos yaitu besi kotak polos dan panjang dan sangat sering digunakan dalam pembuatan teralis model minimalis.
Kedua adalah besi tempa kotak yang memiliki tonjolan di beberapa bagian. Apabila Anda ingin mendapatkan desain rumah yang lebih mewah sebaiknya memanfaatkan jenis ini.
Ketiga, besi embos yakni besi yang bentuknya kotak namun punya tekstur yang membuatnya tampak istimewa. Ketika Anda menggunakan lapisan coating keemasan maka motif embos ini akan lebih terlihat.





Kelebihan Besi Tempa Kotak

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat besi tempa jenis ini istimewa? Apalagi jika menemukan besi yang bentuknya kotak polos? Jika Anda melihat besi dalam posisi belum diolah tentu saja kurang menarik.
Namun, di tangan jasa yang profesional besi tempa ini akan berubah menjadi indah dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut ini beberapa kelebihan besi nako polos dan jenis lainnya. 






1. Memiliki Kekuatan yang Lebih Baik

Sebagian besar besi dibuat berongga yaitu memiliki lubang di tengahnya. Hal ini membuat sifat besi yang tadinya kuat atau kokoh menjadi menurun. Beda dengan besi tempa yang penuh tanpa ada rongga sedikit pun sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang tahan lama.
Kekuatannya ini memperlihatkan bagaimana kualitas besi ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan besi sebagai pagar atau railing tangga. 



2. Ukurannya yang Beragam

Baik itu besi nako motif atau besi tempa yang polos tersedia dalam ukuran yang banyak. Baik itu dari segi panjang besi sampai besar kecilnya kotak. Hal ini membuat Anda lebih leluasa untuk menggunakannya sesuai kebutuhan sekaligus desain rumah.
Misalnya Anda yang ingin membuat teralis dengan desain minimalis maka sebaiknya pilih ukuran yang kecil seperti 12 mm atau 10 mm saja sudah cukup. Namun, apabila ingin membuat pagar klasik maka dibutuhkan ukuran lebih besar misalnya nako 19 mm. 







3. Bisa Ditambahkan dengan Ornamen

Menariknya besi ini bisa ditambahkan ornamen sehingga tampilan akhirnya lebih indah. Anda yang ingin menambahkan ornamen berbentuk bunga atau hewan pun tinggal memintanya saja kepada jasa pembuatan besi tempa.
Ornamen inilah yang akan membuat ruangan jadi lebih indah sehingga besi tidak tampak monoton. Anda bisa eksplorasi besi tempa hanya dengan menambah ornamen sekaligus mendesain lekukan yang menarik.

4. Bisa Dilapisi Coating Berwarna

Kelebihan selanjutnya adalah besi tempa kotak juga bisa dilapisi dengan coating warna apapun. Selama jasa besi tempa menggunakan jenis cat yang sesuai. Lapisan coating ini jugalah yang akan memberikan perlindungan pada besi sehingga tidak muncul karat dalam waktu yang lama.
Hal ini bertolak belakang dengan besi yang identik berwarna silver saja karena lapisan chrome yang sudah didapatkan dari pabrikan. Ketika Anda sudah bosan dengan tampilan warnanya tinggal mengecatnya ulang.

5. Tidak Mudah Terserang Rayap

Terakhir, besi ini sama seperti besi tempa lainnya yaitu tidak akan terserang rayap layaknya kayu. Hal inilah yang membuat besi jadi lebih tahan lama dibandingkan material serat alam. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakannya untuk pagar yang sering terkena air hujan.
Di sisi lain perawatan dari besi tempa ini juga sangat mudah. Tampilannya yang awet berkat coating ini membuat Anda tidak harus membersihkannya setiap hari.

Kekurangan Besi Tempa Kotak

Meskipun kelebihannya cukup banyak sebagai daya tarik, tetap ada kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan besi tempa. Berikut ini beberapa kekurangannya.

1. Harga yang Cukup Mahal

Baik itu harga besi nako polos dan jenis lainnya memiliki harga yang cukup tinggi. Mulai dari bahan baku materialnya ditambah dengan jasa pembuatannya menjadi produk akhir. Anda harus mempersiapkan budget yang lebih jika ingin menggunakan besi tempa di rumah.
Jangan takut untuk mengeluarkan biaya lebih karena Anda akan mendapatkan kepuasan dari kualitasnya. Besi ini sangat kokoh sehingga bertahan lama, jika dipikirkan ulang tentu akan lebih sepadan bukan dengan uang yang keluar?

2. Keterbatasannya sebagai Material untuk Aksesoris Rumah

Bisa dikatakan, bahwa besi tempa kotak ini adalah material untuk finishing rumah saja. Mengingat Anda hanya bisa menggunakannya untuk teralis pintu atau jendela, pintu gerbang, railing tangga, dan sejenisnya. Semua itu adalah aksesoris yang ada di sebuah rumah.
Anda tidak bisa menggunakannya untuk konstruksi bangunan seperti pondasi atau struktur pada dinding. Dibutuhkan jenis besi lain yang sesuai dengan keperluan dari masing-masing bangunan.

3. Diperlukan Jasa yang Ahli untuk Membuatnya

Pengolahan besi tempa kotak menjadi barang yang siap digunakan membutuhkan tangan-tangan terampil dari jasa yang ahli. Anda tidak bisa sembarangan memilih jasa karena akan mempengaruhi hasil atau kualitas yang didapatkan. Sangat disayangkan tentunya jika Anda sudah membayar mahal tetapi hasilnya kurang memuaskan.
Berada di jasa yang ahli, besi tempa akan diolah sedemikian rupa sehingga hasilnya lebih sempurna. Baik itu tampilan yang mulus di bagian sambungan, bentuk lengkuk yang rapi serta penambahan ornamen yang sesuai dengan Anda bayangkan.
Pemilihan jasa untuk membentuk besi tempa ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Dimulai dari menanyakan kepada kerabat mana jasa yang direkomendasikan sampai memilih jasa terdekat dari lokasi rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menjangkau jasa tersebut.
Setelah mengetahui seperti apa besi tempa kotak serta kelebihan dan kekurangannya, sekarang Anda bisa memutuskan aksesoris di rumah mana yang akan menggunakan material ini.