Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Pengecoran Logam

Pengecoran Logam | Pembuatan Pengecoran Logam | Pengecoran Logam Almunium Baling - Baling Kapal | Pengecoran Logam Handel Pintu Kereta | Pengecoran Logam Impeller | Pengecoran Logam Talang AIr | Pengecoran Logam Cetakan Sepatu  | Pengecoran Logam Sparepart | Pengecoran Logam Flange Almunium | Pengecoran Logam  Almunium atau Babet 





Mengenal Jasa Pengecoran Logam dan Cara Kerjanya

Dalam bidang industri, ada banyak sekali proses yang umum dilakukan untuk tujuan tertentu. Salah satunya adalah pengecoran logam yang biasa dikerjakan pada industri seperti pembuatan sparepart kapal laut custom, sparepart Pomapa air, sparepart Fleng Instalasi Pipa custom produk yang berhubungan dengan mesin Instalasi Hydran.

Pada pekerjaan tertentu, proses pengecoran logam Almunium tidak selalu bisa dilakukan sendiri. Pasalnya proses ini membutuhkan ahli profesional serta dukungan peralatan yang memadai. Maka solusinya adalah menggunakan jasa pengecoran logam yang sudah terpercaya.

Mengenal Lebih Jauh tentang Pengecoran Logam

Pengecoran logam sebenarnya bukan proses industri baru yang muncul di zaman modern ini. Proses ini diketahui sudah dikenal sejak abad 4000 SM. Agar lebih paham tentang proses pengecoran logam, simak penjelasan berikut ini:

1. Pengertian Pengecoran Logam 

Pengecoran logam merupakan proses pembentukan logam cair ke dalam cetakan untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Cetakan yang digunakan jasa pengecoran logam bisa berbeda, mulai dari bahan pasir, logam almunium hingga Babet.

Pada prosesnya, cairan logam yang dituang dalam cetakan dibiarkan hingga dingin dan mengering. Kemudian, logam yang telah terbentuk dikeluarkan dari cetakan dengan cara memisahkan dari cetakan atau bisa juga dengan menghancurkan cetakan tersebut.

2. Teknik Pengecoran Logam

Jasa pengecoran logam yang terpercaya pastinya menggunakan teknik yang sudah teruji keberhasilannya. Selain itu, teknik yang digunakan juga sudah jelas bisa menghasilkan logam dengan cetakan yang sempurna.

Teknik pengecoran logam dipilih berdasarkan jenis logamnya, ukuran logam tersebut sampai tingkat kesulitan atau kompleksitas pengecoran. Selanjutnya, teknik pengecoran logam dikenal dari jenis cetakan yang digunakan.

Teknik pengecoran logam yang pertama dikenal dengan sebutan teknik cetakan permanen. Seperti sebutannya, teknik ini menggunakan cetakan permanen yang biasanya terbuat dari logam. Logam untuk cetakan memiliki tingkat leleh lebih tinggi dibanding logam yang dicetak.

Teknik pengecoran logam berikutnya yaitu teknik cetakan sekali pakai. Bahan cetakan yang umum dipakai jasa pengecoran logam meliputi pasir, plastik atau cangkang. Proses pengeluaran logam biasanya akan membuat cetakan rusak sehingga hanya bisa sekali pakai.

3. Proses Pengecoran Logam

Pengecoran logam bisa dikatakan sebagai proses yang panjang. Terdapat beberapa tahap dalam proses tersebut seperti dijelaskan berikut ini:

● Pembuatan pola yaitu membuat pola cetakan berdasarkan bentuk yang diinginkan. Pola bisa dibuat menggunakan plastik logam atau kayu.

● Pembuatan cetakan yaitu proses lanjutan dari pembuatan pola. Pembuatan pola menggunakan bahan yang disesuaikan dengan jenis pengecoran.

● Peleburan logam yaitu proses melebur logam untuk kemudian dituangkan pada cetakan. Logam ditunggu hingga mengeras lalu dikeluarkan dari cetakan.

● Proses akhir yaitu membersihkan dan merapikan logam yang telah tercetak hingga menjadi bentuk baru yang siap dimanfaatkan.

4. Kelebihan Pengecoran Logam

Proses pengecoran logam memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

● Pengecoran logam bisa memproses bahan dalam jumlah besar dengan biaya yang lebih terjangkau seperti pembuatan baling - baling kapal laut.

● Pengecoran logam bisa menghasilkan bentuk yang rumit karena bahan logam yang telah dilebur bisa meleleh memenuhi rongga cetakan.

● Proses ini juga dapat menghasilkan desain dengan ukuran yang lebih bervariasi dan bentuk yang lebih mudah disesuaikan kebutuhan.

● Dapat memproses logam yang tidak bisa dibentuk dengan mesin.

● Prosesnya lebih fleksibel dengan mempertimbangkan berbagai aspek sehingga memberikan hasil yang memuaskan.

● Sifat mekanis dari proses ini memudahkan pengontrolan.

Untuk proyek atau kebutuhan yang memerlukan pengecoran logam, Anda tidak perlu bingung. Anda bisa menggunakan jasa pengecoran logam yang profesional dan terpercaya. Temukan jasa cor logam terbaik hanya di www.lamhar.com.