Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa Ulir

 Besi Tempa Ulir, Proses Pembuatan hingga Kegunaannya

 






Dalam bidang konstruksi, dikenal banyak jenis material yang digunakan untuk tujuan berbeda-beda. Material yang cukup populer adalah besi. Salah satu jenis logam tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Tidak terkecuali besi tempa ulir yang memiliki bentuk unik.
Besi termasuk jenis logam dengan tingkat kesolidan yang tinggi. Karenanya, logam ini kokoh dan kuat sehingga menjadi andalan dalam bidang konstruksi. Dalam pemanfaatannya, besi bisa diolah dan dibentuk sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Meski solid, besi bisa diubah untuk mendapatkan ukuran dan bentuk yang diinginkan.



Apa itu Besi Tempa Ulir?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang besi tempa ulir, penting untuk terlebih dahulu memahami apa itu besi tempa. Besi tempa merupakan besi yang dibentuk dengan cara ditempa. Pada proses ini, besi dipanaskan hingga suhu sangat tinggi untuk memudahkan pembentukan sesuai kebutuhan.
Besi tempa merupakan material konstruksi yang sudah populer sejak berabad-abad yang lalu. Penggunaannya beragam sesuai dengan tren yang berkembang di zaman tertentu. Pada masa lampau, banyak orang menggunakan besi tempa untuk membuat perabotan, senjata hingga bagian luar bangunan atau eksterior gereja.

Besi tempat termasuk material yang tak lekang oleh waktu. Terbukti sampai saat ini, besi tempa tetap banyak digunakan dalam bidang konstruksi. Bahkan besi tempa bisa dijadikan beragam desain dengan tampilan yang lebih menarik. Salah satunya adalah besi tempa ulir yang sekarang banyak ditemukan.
Besi ulir merupakan salah satu hasil pembentukan besi tempa. Sesuai namanya, besi tempa ini berbentuk ulir atau menyerupai sirip ikan. Besi ulir berupa batangan memanjang berbentuk rusuk. Ukuran besi ini pada umumnya tidak terlalu besar alias kecil dan biasanya digunakan dalam jumlah yang banyak untuk satu jenis konstruksi.
Besi tempa ulir diproses dengan cara dipilin. Tampilan yang tidak polos itu menjadikan besi tempa ini terlihat lebih menarik. Maka ketika dijadikan konstruksi, besi ulir dapat menghasilkan desain yang berbeda dan tidak lagi monoton. Karenanya besi ulir banyak dipilih dibandingkan besi polos.










Kelebihan Besi Ulir

Besi telah menjadi pilihan utama untuk banyak jenis konstruksi. Pada dasarnya, besi memiliki kekuatan yang cukup bagus sehingga bisa membentuk konstruksi yang kokoh. Besi tempa yang berbentuk ulir pun juga memiliki banyak kelebihan. Inilah beberapa alasan orang memilih besi ulir.

1. Kuat

Sebagaimana sifat asli besi, besi tempa ulir juga memiliki kekuatan. Sehingga material ini menjadi andalan untuk banyak jenis konstruksi. Dengan besi ulir, apa saja yang dibuat akan menjadi kokoh. Karena kekuatan besi ulir satuan yang berbentuk rusuk kecil memanjang akan semakin kuat dalam jumlah yang banyak.

2. Tahan Lama

Berbicara soal ketahanan, besi ulir juga cukup bisa diandalkan. Karena kuat dan kokoh, maka konstruksi yang dibentuk dari material ini akan berusia lebih panjang. Dengan kata lain, konstruksi tidak mudah mengalami kerusakan, seperti patah. Kelebihan ini menjadikan besi ulir banyak dipilih daripada material kayu.

3. Tampilan Menarik

Besi yang ditempa tanpa dibentuk alias besi polos mungkin akan terlihat biasa dan monoton pada sebuah konstruksi. Namun besi tempa ulir lebih mampu membuat tampilan menjadi menarik. Bentuk ulir yang terlihat sederhana justru membuat konstruksi tampak lebih bagus, apalagi jika ditambah dengan besi tempa berbagai bentuk lain yang serasi.

4. Banyak Kegunaannya

Besi ulir bisa dikreasikan menjadi berbagai konstruksi. Tidak hanya kuat, besi ulir dapat membentuk konstruksi dengan tampilan yang berbeda. Besi ulir lebih banyak digunakan untuk konstruksi luar sehingga penampakannya jelas terlihat. Material ini juga mudah dipadukan dengan besi tempat berbagai desain.

Kegunaan Besi Tempa Ulir

Seperti disebutkan sebelumnya, besi ulir bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dengan kelebihan yang dimilikinya mulai dari karakter hingga tampilannya, besi ulir menjadi material favorit. Terlebih konstruksi akan terlihat jauh lebih bagus dengan memadukan besi ulir bersama material lain. Inilah kegunaan besi ulir.


1. Railing Tangga

Tangga adalah salah satu bagian penting dari bangunan yang terdiri dari sedikitnya dua lantai. Tangga menjadi sarana penghubung antar lantai yang memudahkan akses. Karena sifatnya yang penting, tangga harus dibuat dengan konstruksi yang kokoh termasuk bagian railing atau kedua sisinya yang menjadi sistem keamanan tangga.
Besi tempa ulir bisa digunakan untuk membuat railing tangga. Dengan karakternya yang kuat dan kokoh, bagian sisi tangga akan dipastikan menjadi pelindung yang baik. Dengan railing dari besi ulir, tangga menjadi aman digunakan. Berbagai risiko berbahaya seperti kecelakaan di tangga bisa dicegah.


2. Teralis Jendela

Jendela memiliki fungsi utama sebagai ventilasi, tempat pertukaran udara dan masuknya cahaya ke dalam ruangan. Di sisi lain, jendela kerap dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk masuk ke ruangan dan melakukan kejahatan. Oleh karena itu, jendela harus dibuat lebih aman.
Salah satu cara membuat jendela lebih aman adalah dengan memasang teralis. Teralis jendela membuat jendela tidak mudah dimasuki, namun tetap bisa mengalirkan cahaya dan udara. Besi tempa ulir menjadi material yang bagus untuk pembuatan teralis jendela. Dengan besi ulir, jendela tidak hanya lebih aman tapi juga tetap terlihat bagus.

3. Pagar

Pada sebuah bangunan baik itu hunian maupun bangunan komersial, pagar memegang peranan penting. Pagar bisa menjadi pembatas dengan bangunan lain sekaligus menjadi bentuk perlindungan dari bahaya dari luar bangunan. Pagar juga bisa menambah nilai keindahan dari sebuah bangunan.
Pagar bangunan setidaknya harus memenuhi dua fungsi, sebagai pelindung dan sebagai penambah nilai estetika. Kedua fungsi itu bisa diwujudkan dengan pagar yang dibuat dari besi tempa ulir. Dengan material ini, pagar bangunan menjadi kuat dan kokoh serta terlihat indah karena desainnya yang menarik.









Tips Merawat Besi Ulir

Besi ulir yang dijadikan railing tangga, teralis jendela hingga pagar tidak hanya berfungsi sebagai konstruksi. Besi ulir juga menjadikan tampilan lebih bagus sehingga diperlukan perawatan yang tepat. Perawatan yang tepat dilakukan agar besi ulir awet dan tetap terlihat bagus.
Perawatan yang tepat untuk konstruksi dari besi ulir adalah dengan membersihkannya. Pada railing tangga dan teralis jendela, besi ulir bisa dibersihkan menggunakan lap yang bersih dan memiliki permukaan yang halus. Pembersihan ini akan menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada besi.
Sedangkan pada besi tempa pagar, cara membersihkannya bisa dengan melakukan pengecatan ulang. Tidak perlu terlalu sering, pengecatan pada pagar bisa dilakukan setidaknya 5 tahun sekali. Dengan cara ini, pagar besi ulir akan terlihat seperti pagar baru dengan warna yang tetap cerah.
Itulah informasi lengkap mengenai besi tempa ulir, mulai dari karakternya, kelebihannya hingga kegunaannya dan cara merawatnya. Besi tempa berbentuk ulir merupakan material yang cocok untuk banyak kegunaan. Selain karakternya yang kuat dan kokoh, besi ulir juga memiliki tampilan yang bagus serta tidak monoton.